Indonesia Vs Islandia

Inilah Alasan Islandia Pilih Indonesia Sebagai Lawan Ujicoba

Perbedaan cuaca antara Islandia dan Indonesia diakuinya membuat para punggawa Islandia harus terlebih dulu menyesuaikan kondisi.

Inilah Alasan Islandia Pilih Indonesia Sebagai Lawan Ujicoba
net
Timnas Islandia 

TRIBUNJOGJA.COM - Tak dipungkiri Islandia kini menjelma menjadi kekuatan sepakbola yang disegani di Dunia.

Penampilan Gylfi Sigurðsson pada Piala Eropa 2016 lalu, lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, hingga fenomenalnya tabuhan drum disertai tepuk tangan 'viking clap' menjadi daya tarik negara berpenduduk sekira 330.000 jiwa ini.

Terlebih kemenangan Islandia atas Kosovo menjadikannya juara grup A zona UEFA menyingkirkan tim kuat pecahan Yugoslavia yakni Kroasia.

Perlu diingat bila keberhasilan Islandia lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia mendatang merupakan keikutsertaan yang pertama sejak negara literasi tersebut menulis konstitusi pada tahun 930.

Jelang keikutsertaan Islandia pada gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia, negara yang kini berperingkat ke-22 FIFA tersebut justru memilih Indonesia yang kini tercatat berposisi 162 sebagai lawan ujicobanya.

Menanggapi hal tersebut, Pelatih Islandia, Heimir Hallgrímsson, justru memiliki alasan tersendiri.

"Kami datang ke sini untuk menguji para pemain muda kami. Pertandingan uji coba melawan Indonesia Selection dan Timnas Indonesia sangat bagus untuk menguji mental dan skill pemain muda kami. Kami tidak terlalu memikirkan (jenjang) peringkat FIFA.," ujar Heimir pada sesi jumpa pers di Hotel Hyatt, Sleman, Rabu (10/1/2018).

Menurut pelatih yang sukses mengantar Islandia lolos pertamakalinya ke Piala Dunia di Rusia 2018 nanti, selain untuk memberikan pengalaman lebih kepada para pemain mudanya, ia juga menganggap uji coba dengan Indonesia akan memberikan pengalaman berbeda dibandingkan berujicoba dengan negara di Eropa.

"Kami ingin mencari pengalaman bermain di cuaca yang panas. Karena di Islandia itu minus lima derajat celcius," ujar Heimir.

Sementara itu, menurut gelandang senior Islandia, Olafur Ingi Skularson, perbedaan cuaca antara Islandia dan Indonesia diakuinya membuat para punggawa Islandia harus terlebih dulu menyesuaikan kondisi.

"Perbedaan cuaca sangat signifikan. Tapi kami adaptasi dengan cepat untuk menghadapi Indonesia (Selection), ini merupakan pengalaman yang unik bagi kami," ujar Skulason.

Menurutnya, pertandingan melawan Indonesia dapat dijadikan ajang pengkondisian fisik para pemain terlebih pada ajang Piala Dunia nanti Islandia akan dihadapkan dengan dua negara yang memiliki cuaca panas seperti Argentina dan juga tim asal Afrika yaitu Nigeria.

"Kami bermain di Piala Dunia, tentu kami akan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baik mungkin, selain Indonesia juga ada ujicoba melawan tim Afrika dan Amerika Latin, dan kami akan memanfaatkan ujicoba itu dengan sebaik mungkin," tambah Skulason.

Terkait perbedaan cuaca yang signifikan ini, Pelatih Islandia, Heimir mengatakan tak mempersiapkan treatment khusus.

Menurutnya, untuk menyesuaikan kondisi cuaca, para pemain hanya meminum air putih lebih banyak dibandingkan biasanya, membatasi sesi latihan agar tidak terlalu lelah, dan pada pertandingan nanti ia mengisyaratkan akan banyak melakukan rotasi pemain. (*)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help