Empat Aktivis Tolak Bandara Dibebaskan, Penyelidikan Kasus Tetap Berjalan

Setelah menjalani pemeriksaan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Kulonprogo, keempatnya pun dibebaskan sekitar pukul 17.30.

Empat Aktivis Tolak Bandara Dibebaskan, Penyelidikan Kasus Tetap Berjalan
tribunjogja/singgih wahyu
Wakapolres Kulonprogo, Kompol Dedi Surya Dharma 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Empat relawan solidaritas penolakan bandara di Temon yang diringkus polisi telah dibebaskan, Selasa (9/1/2018) sore.

Namun, proses penyelidikan dugaan tindak pidana yang dilakukan keempat orang tersebut masih berlanjut.

Keempat aktivis tersebut yakni Miftakhul Rozak, M Haedar Hafiz Penggala, Rizky Maulana, dan Zaki Abdurahman.

Setelah menjalani pemeriksaan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Kulonprogo, keempatnya pun dibebaskan sekitar pukul 17.30.

Selama proses pemeriksaan hingga dibebaskan, mereka didampingi oleh kuasa hukum.

Seperti diketahui, keempat relawan berstatus mahasiswa perguruan tinggi di Yogyakarta itu diamankan setelah terlibat bentrok dalam kericuhan saat proses pembersihan lahan pembangunan bandara di Desa Glagah, Selasa pagi.

Mereka diduga melakukan provokasi sehingga bentrok antara kelompok warga penolak dan relawan solidaritas dengan aparat keamanan.

Wakil Kepala Polres Kulonprogo, Kompol Dedi Surya Dharma mengatakan, aktivis mahasiswa ini mengalangi petugas dan backhoe dalam menjalankan pekerjaan pembersihan lahan dengan memprovokasi warga.

Upaya negosiasi yang dilakukan petugas di lapangan tak dihiraukan dan justru kemudian suasana memanas hingga berujung bentrok.

"Mereka membandel lalu meneriaki dan meludahi anggota kami. Dari situ, empat aktivis mahasiswa yang terindikasi memprovokasi ini kami bawa ke Polres untuk diperiksa. Pukul lima sore mereka kami kembalikan dalam keadaan sehat tanpa luka. Kuasa hukumnya datang menjemput," kata Dedi, Rabu (10/1/2018).

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help