TribunJogja/

Verifikasi Faktual, KPU Kabupaten Gunungkidul Temukan Anggota Parpol Alami Gangguan Mental

KPU Kabupaten Gunungkidul menemukan kesulitan dalam melakukan verifikasi terhadap anggota partai politik karena tidak dapat ditemui.

Verifikasi Faktual, KPU Kabupaten Gunungkidul Temukan Anggota Parpol Alami Gangguan Mental
internet
KPU

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul melakukan verifikasi faktual terhadap data keanggotaan dua partai politik yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2019 di Gunungkidul yakni Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Dalam verifikasi faktual yang telah dilakukan, KPU Kabupaten Gunungkidul menemukan kesulitan dalam melakukan verifikasi terhadap anggota partai politik karena tidak dapat ditemui.

KPU juga menemukan salah satu anggota yang diketahui mengalami gangguan mental.

"Kami mengalami kesulitan dalam melakukan verifikasi, karena sejumlah anggota parpol yang kami datangi tidak dapat ditemui. Kami juga menemukan ada anggota salah satu parpol yang diketahui mengalami gangguan mental, jelas yang seperti itu tidak dibenarkan," ujar Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul, Zaenuri Ikhsan, Selasa (9/1/2018).

Zaenuri mengatakan, atas permasalahan tersebut, pihaknya meminta kepada Parpol yang bersangkutan untuk dapat memanggil seluruh anggota yang tidak dapat ditemui ke Kantor KPU Kabupaten Gunungkidul, paling lambat pada tanggal 12 Januari 2018 mendatang.

Baca: Naik Andong, Ganjar Pranowo-Gus Yasin Resmi Mendaftar ke KPU

"Hal ini untuk memastikan mereka betul-betul terdaftar sebagai anggota partai politik. Pasalnya, sejumlah anggota parpol yang bersangkutan sulit dijangkau. Sehingga kita minta hadirkan," ujar Zaenudin.

Selain verifikasi terhadap Partai Berkarya dan Partai Garuda, KPU Kabupaten Gunungkidul juga telah selesai melakukan verifikasi terhadap Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Namun masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki oleh Partai Politik tersebut.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help