Pelaku Pencurian Uang Puluhan Juta Terhadap Majikannya Ternyata Baru Sebulan Bekerja

Pelaku dengan modus berpura-pura menjadi seorang karyawan bisanya mempunyai niat yang tidak baik.

Pelaku Pencurian Uang Puluhan Juta Terhadap Majikannya Ternyata Baru Sebulan Bekerja
TRIBUNJOGJA.COM / Pradito Rida Pertana
Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Yogyakarta, Kompol M. Kasim Akbar Bantilan, SIK (Baju Putih) saat menunjukkan barang bukti yang disita dari tangan pelaku pencurian yaitu Agustian (37), warga Pontianak, Kalimantan Barat. Senin (8/1/2018). 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - AGS (37) warga Pontianak, Kalimantan Barat yang melakukan aksi pencurian uang puluhan juta rupiah di rumah dan toko majikannya, Chopin Pranajaya (60), di Tukangan, Tegalpanggung, Danurejan, ternyata baru sebulan bekerja.

"Pelaku (AGS) ini baru sebulan bekerja di toko petshop milik korban yang menjual aneka makanan hewan. Sudah sangat dipercaya, tapi pelaku justru mencuri," ujar Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, Kompol Mohammad Kasim Akbar Bantilan, saat press rilis di Mapolresta Yogyakarta, Senin (08/01/2018).

Atas kejadian tersebut, Kompol Bantilan mengimbau kepada para pengusaha untuk berhati-hati, dan lebih selektif dalam merekrut karyawan di tempat kerja.

Menurutnya, pelaku dengan modus berpura-pura menjadi seorang karyawan bisanya mempunyai niat yang tidak baik. Sudah dipercaya tapi justru akan mengkhianati.

"Saya imbau untuk hati-hati ya, dalam menerima pembantu dan memilih karyawan," terangnya.

Seperti diketahui sebelumnya, pelaku AGS, melakukan aksi pencurian pada Rabu (03/01/2018) di toko dan di rumah majikannya.

Tak tanggung-tanggung, dalam melancarkan aksi, pelaku berhasil membawa kabur sejumlah uang puluhan juta rupiah dan perhiasan emas.

"Pelaku ini mengambil uang tunai dari dua tempat berbeda, di toko dan di rumah korban, sebesar Rp30 juta," jelasnya.

Sehari sehabis melancarkan aksi pencurian, pelaku AGS kemudian melarikan diri ke Pontianak, Kalimantan Barat untuk menghindari kejaran petugas.

Namun, aksinya melarikan diri ternyata sia-sia. Aksi pencurian tersebut berhasil diendus oleh petugas Satreskrim Polresta Yogyakarta dan segera melakukan penangkapan di rumahnya di Pontianak.

"Pelaku kita tangkap dua hari yang lalu di Pontianak dan kita bawa ke Mapolresta untuk penanganan lebih lanjut," ujarnya.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil menyita barang bukti berupa satu buah tas slempang warna coklat merk Levis, satu buah jam tangan merk Mirata, satu potong baju warna biru tua dan satu buah dompet warna hitam merk Braun Buffel.

"Pelaku mengaku nekat melakukan pencurian lantaran terbentur kebutuhan ekonomi untuk melunasi sejumlah utang-utangnya," jelas dia.

"Kepada pelaku kita jerat dengan pasal 362 KUHP, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara," imbuhnya. (*)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved