TribunJogja/
Home »

DIY

Gubernur Kukuhkan Tujuh Komisioner LO DIY Periode 2018-2021

Sri Sultan mengatakan, para komisioner terpilih memang diharuskan menguasai bidang hukum dan berintegritas tinggi

Gubernur Kukuhkan Tujuh Komisioner LO DIY Periode 2018-2021
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Tujuh orang komisioner Lembaga Ombudsman (LO) DIY untuk periode 2018-2021, resmi dikukuhkan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Bangsal Kepatihan, Komplek Kantor Gubernur DIY, Yogyakarta, Senin (8/1/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tujuh orang komisioner Lembaga Ombudsman (LO) DIY untuk periode 2018-2021, resmi dikukuhkan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Bangsal Kepatihan, Komplek Kantor Gubernur DIY, Yogyakarta, Senin (8/1/2018).

Tujuh komisioner terpilih setelah melewati rangkaian proses seleksi, yang dilangsungkan sejak tahun lalu.

Mereka antara lain, Suki Ratnasari, Sugeng Raharjo, Fuad, Fajar Wahyu Kurniawan, Muhammad Nugroho, Yusticia Eka Noor Ida dan Suryawan Raharjo.

Dalam kesempatan itu, Sri Sultan mengatakan, para komisioner terpilih memang diharuskan menguasai bidang hukum dan berintegritas tinggi.

Sebab, menurutnya, akseptabilitas LO DIY selama tiga tahun mendatang, sangat bergantung pada kredibilitas mereka.

Baca: Komusioner Ombudsman DIY Yerpilih Siap Meneruskan Kinerja Periode Sebelumnya

"LO DIY harus bekerja dengan pandangan-pandangan baru, mengenai akuntabilitas publik, dimana keberadaannya sangat diharapkan, menjadi mediator antara masyarakat dengan pemerintah," katanya.

Sri Sultan melanjutkan, meski bukan lembaga pemberi sanksi dan tidak memiliki instrumen pemaksa, pengaruh LO DIY tetap kuat, lantaran deretan figur yang terdapat di dalamnya benar-benar bisa dipercaya, baik integritas, kredibilitas, maupun kapabilitasnya.

"Dengan kata lain, LO DIY ini bukanlah pengadilan tambahan, tetapi bertugas mengklarifikasi atas terjadinya penyimpangan yang dilakukan sebuah institusi, untuk membuat rekomendasi kepada institusi terkait tersebut," lanjutnya.

Ia pun memberi jaminan, rekomendasi yang dikeluarkan itu, akan mendapat tindak lanjut yang semestinya.

Halaman
123
Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help