TribunJogja/
Home »

DIY

» Bantul

Antisipasi Peredaran Narkoba, Polres Bantul Gelar Tes Urine Dadakan Terhadap Anggota Polisi

Pengecekan ini langsung dilakukan oleh Dok Pol RS Bhayangkara Polda DIY didampingi Sat Reskrim Polres Bantul.

Antisipasi Peredaran Narkoba, Polres Bantul Gelar Tes Urine Dadakan Terhadap Anggota Polisi
dok.polisi
Tim Dok Pol Bhayangkara tengah Melakukan tes urine kepada anggota polisi di Mapolres Bantul, Senin (08/01/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Ratusan anggota Polres Bantul menjalani pemeriksaan tes urine secara mendadak di Mapolres Bantul, Senin (08/01/2018).

Pemeriksaan urine secara mendadak ini dilakukan untuk mendeteksi peredaran, sekaligus mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan anggota kepolisian.

Pengecekan ini langsung dilakukan oleh Dok Pol RS Bhayangkara Polda DIY didampingi Sat Reskrim Polres Bantul.

Pemeriksaan dilakukan kepada seluruh anggota Reskrim dan Intel Polres Bantul beserta seluruh jajarannya.

Tampak satu persatu anggota yang akan dites urinenya diminta untuk memasukkan urine ke dalam botol kecil yang telah disediakan di sebuah toilet, dengan pengawasan ketat dari petugas Provost Polres Bantul.

Sampel dari urine tersebut langsung diperiksa di tempat menggunakan alat pendeteksi Rapites oleh petugas dari Dok Pol RS Bhayangkara Polda DIY, sehingga hasilnya bisa langsung diketahui.

Waka Polres Bantul, Kompol Mariska Fendi Susanto, saat mengawasi jalannya pemeriksaan urine mengatakan pihaknya akan menindak tegas jika anggota jajaranya terbukti secara positif menggunakan narkoba, apalagi sampai mengedarkan barang haram tersebut.

"Jika ada anggota dinyatakan positif menggunakan narkoba, apalagi mengedarkan narkoba, maka akan dijatuhi sanksi tegas, karena hal ini termasuk pelanggaran berat," ujar dia.

Sementara itu, Ps Kasubidyanmed RS Bhayangkara Polda DIY, drg Danang Maulana, menjelaskan dari serangkaian hasil pemeriksaan urine terhadap seluruh anggota Reskrim dan Intel Polres Bantul beserta jajaranya, pihaknya mengaku tidak menemukan indikasi terhadap pemakaian Narkoba.

"Indikasi terhadap pemakaian Narkoba dinyatakan negatif," terang drg Danang Maulana. (*)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help