Angkasa Pura 'Keukeuh' Lanjutkan Land Clearing

Total ada 31 surat keputusan penetapan dengan 35 bidang lahan di Palihan dan Glagah yang akan dibersihkan dalam beberapa waktu ke depan.

Angkasa Pura 'Keukeuh' Lanjutkan Land Clearing
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Proses land clearing atau pembersihan lahan pembangunan bandara di Temon kembali dilanjutkan setelah sempat jeda beberapa pekan. Agenda yang digelar Senin (8/1/2018) di wilayah Pedukuhan Kragon II, Desa Palihan ini pun tak luput dari aksi penolakan warga terdampak yang berujung pada kericuhan. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - PT Angkasa Pura I kembali melanjutkan proses land clearing atau pembersihan lahan pembangunan bandara di Temon, Senin (8/1/2018) di wilayah Palihan.

Ada puluhan bidang lahan yang akan dibersihkan dalam beberapa hari ini.

Project Manager Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) PT AP I, Sujiastono mengatakan pihaknya mulai Senin itu melakukan pembersihan lahan atas sejumlah bidang yang sudah diputuskan penetapan konsinyasi ganti ruginya oleh Pengadilan negeri (PN) Wates.

Total ada 31 surat keputusan penetapan dengan 35 bidang lahan di Palihan dan Glagah yang akan dibersihkan dalam beberapa waktu ke depan.

Dari jumlah itu, ada 16 bidang yang sudah dilakukan penilaian aset tanah dan bangunan maupun tanaman dan sarana pendukung lain (SPL) di atasnya.

Sedangkan 19 bidang lain hanya dinilai tanahnya saja.

Semua pemiliknya telah diberi surat peringatan pengosongan lahan hingga tiga kali.

Baca: Land Clearing Lahan Bandara Kembali Dimulai, Lagi-lagi Ricuh

"Kami hanya membersihkan lahan yang sudah penetapan. Merobokan pepohonan dan bangunan yang kosong. Kalau amsih ada penghuninya, tidak kami robohkan sampai ada kepuitusan lebih lanjut," jelas Sujiastono.

Pihaknya mengimbau warga yang bidang tanahnya sudah menjalani penetapan konsinyasi agar segera mengosongkan lahan dan membongkar bangunannya sendiri.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help