Universitas Sanata Dharma Berjuang Terapkan Kurikulum Baru

Sejalan dengan diberlakukannya kurikulum baru di tahun 2017 kemarin, peraturan akademik baru telah disetujui Senat Universitas.

Universitas Sanata Dharma Berjuang Terapkan Kurikulum Baru
ist
Universitas Sanata Dharma 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Santo Ari

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Universitas Sanata Dharma (USD) masih berjuang dalam tantangan menerapkan kurikulum baru.

Sejak tahun 2016, seluruh program studi di USD telah menerapkan kurikulum yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Sedangkan di tahun 2017 kemarin, proses transisi dari kurikulum lama ke kurikulum baru, mulai berjalan.

Rektor USD, Johanes Eka Priyatna, mengatakan salah satu tantangan besar yang masih dihadapi USD adalah pengembangan matakuliah bersama secara kolaboratif.

"Ke depan perlu dicoba strategi dan cara-cara baru untuk merealisasikan gagasan ini agar sinergi dan kolabirasi menjadi cara kita menyelesaikan persoalan dan cara kita dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan kita," ujarnya.

Lebih lanjut, sejalan dengan diberlakukannya kurikulum baru di tahun 2017 kemarin, peraturan akademik baru telah disetujui Senat Universitas.

Peraturan akademik yang baru tersebut mengakomodasi terjadinya kuliah lintas program studi serta lintas universitas baik di dalam maupun luar negeri.

"Peraturan akademik yang baru ini diharapkan pula mendorong mahasiswa meraih prestasi akademik lebih baik dengan ditetapkannya standar sisip program yang baru, serta standar penilaian yang baku," tambahnya. (*)

Penulis: nto
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved