Jumlah Tumpukan Sampah di Nglanggeran Terus Berkurang

Hal tersebut dilihat dari berkurangnya jumlah sampah yang ada di obyek wisata Nglanggeran

Jumlah Tumpukan Sampah di Nglanggeran Terus Berkurang
TRIBUNJOGJA.COM / Tris Jumali
Parkiran di Gunung Api Purba Nglanggeran tampak tidak terlalu ramai dari pengunjung meskipun sedang liburan Natal, Senin (25/12). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Tris Jumali

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dirasa oleh pengelola objek wisata Nglanggeran semakin meningkat.

Hal tersebut dilihat dari berkurangnya jumlah sampah yang ada disana.

Biasanya dalam seminggu, pengelola mengangkut sekitar 10 kantong sampah, namun selama tahun 2017 mulai berkurang menjadi dua kantong sampah dalam sepekan terakhir.

Heru Purwanto, Bagian Pemasaran Desa Wisata Nglanggeran menjelaskan, setiap seminggu sekali pada hari sabtu, pengelola bergantian membersihkan sampah yang ada di Nglanggeran untuk dibuang ke TPS.

"Ada juga yang khusus mengurusi sampah itu setiap hari Rabu, kalau kita setiap Sabtu bergantian membersihkan sampah," terang Heru, Senin (1/1/2018).

Kebersihan lingkungan di objek wisata Nglanggeran menjadi perhatian khsusus pengelola karena baginya kebersihan itu termasuk pelayanan yang dijual pada kawasan objek wisata.

"Pelayanan yang kita jual disini, baik dan buruknya pelayanan itukan mempengaruhi jumlah wisatawan yang datang juga" tandasnya.

Namun saat ini, banyak wisatawan yang sudah sadar akan pentingnya menjaga lingkungan demi kelestarian alam.

Sebagian dari mereka bahkan membawa bungkus makanan dan botol plastik bekas untuk dibuang di tong sampah yang sudah disediakan.

"Dulu itu tempat sampah kita ada lima di lima pos yang tersebar, tapi karena sering diganggu monyet ekor panjang, kita kurangi jadi dua saja, di pos satu dan dua," jelasnya. (*)

Penulis: trs
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help