Selain Bergantian Tiup Terompet, Difteri Bisa Menular Saat Berada di Keramaian

Selain melalui air liur, difteri dapat menular lewat udara yakni pernafasan.

Selain Bergantian Tiup Terompet, Difteri Bisa Menular Saat Berada di Keramaian
dinkespidie
Difteri 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pradito Rida Pertana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Beberapa hari lalu, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan bahwa jika bergantian meniup terompet dengan pengidap difteri dapat memicu menularnya penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium tersebut.

Mengingat difteri dapat menular melalui air liur, selain itu diketahui pula bahwa difteri dapat menular lewat udara yakni pernafasan.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Masalah Kesehatan (P2MK), Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, dr Akhmad Akhadi S, Mph mengatakan, difteri memang dapat menular lewat air liur, tertambah jika bergantian meniup terompet dengan orang lain yang mengidap difteri juga berpotensi menularkan penyakit tersebut.

Meski demikian, pihaknya sama sekali tidak melarang masyarakat membeli terompet atau meniup secara bergantian.

Asal sebelum membeli dan meniup terompet bergantian membersihkan lubang tiup terlebih dahulu.

"Memang (difteri) bisa menular dari air liur, tapi bukannya tidak boleh beli terompet atau meniup bergantian. Namun alangkah baiknya kalau beli terompet jangan langsung dicoba tanpa dibersihkan dulu lubang tiupnya. Jadi lubangnya bisa dibersihkan dulu dengan dibasuh kapas alkohol atau antiseptik," katanya saat dihubungi Tribunjogja.com, Sabtu (30/12/2017).

Menurutnya, dibanding dengan meniup terompet bergantian atau sebagainya, ia lebih menekankan pada antisipasi di keramaian.

Hal itu dikarenakan prinsip penularan difteri adalah air transmitting disease yaitu dapat menular melalui udara atau pernafasan.

Sehingga tidak saja menular melalui kontak langsung air liur yang mengandung bakteri difteri kepada orang lain.

Halaman
12
Penulis: rid
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help