Menelusuri Masjid Sumur Gumuling Tamansari, Masjid Bawah Tanah yang Juga Benteng Pertahanan

Masjid ini terbilang unik. Seperti namanya, masjid ini berada di bawah tanah. Selain itu, masjid dua lantai dengan bangunan melingkar ini juga

Menelusuri Masjid Sumur Gumuling Tamansari, Masjid Bawah Tanah yang Juga Benteng Pertahanan
TRIBUNJOGJA.com
Pengunjung menapaki anak tangga menuju lantai II Masjid Bawah Tanah Sumur Gumulung komplek Tamansari. Di bawah anak tangga terdapat kolam yang diberinama Sumur Gumulung 

Masjid ini terbilang unik. Seperti namanya, masjid ini berada di bawah tanah. Selain itu, masjid dua lantai dengan bangunan melingkar ini juga difungsikan sebagai benteng pertahanan. Tak ayal, dinding masjid ini begitu tebal.

MASJID bawah tanah Sumur Gumuling berada di komplek wisata Tamansari. Untuk menuju lokasi, pengunjung bisa berjalan kaki menyusuri lorong-lorong bawah tanah. Suasana klasik terasa begitu kaki menjejaki anak tangga dan melewati lorong tersebut.

Lokasi masjid bisa dijangkau dari parkiran sepeda motor di depan pintu masuk Tamansari ke arah utara. Kemudian belok kiri hingga menemukan pintu masuk. Ikuti lorong tersebut hingga menemukan bangunan masjid berbentuk bulat dan berwarna coklat muda atau krim.

Taman Sari
Taman Sari (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Namun jangan dibayangkan bentuk masjid ini seperti kebanyakan masjid lainnya. Karena juga difungsikan sebagai benteng, bentuk bangunan ini terlihat kokoh dan besar. Sejak tahun 1812 bangunan masjid sudah tidak difungsikan.

Keterangan, staf karyawan Tamansari, masjid tersebut didirikan tahun 1765. Kata dia, masjid bawah tanah merupakan peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono I dan difungsikan hingga masa kepemimpinan Sultan HB II.

Masjid ini juga difungsikan sebagai benteng perlindungan bawah tanah.

Suasana obyek wisata Tamansari, Yogyakarta pada Jumat (5/8/2016).
Suasana obyek wisata Tamansari, Yogyakarta pada Jumat (5/8/2016). (Tribun Jogja/ Panji Purnandaru)

Kemudian masjid tak lagi digunakan setelah Keraton membangun Masjid Gedhe Kauman yang berada di sebelah barat Alun-alun lor Yogyakarta.

Adapun Masjid Sumur Gumuling sangat unik, karena dibangun bawah tanah agar suara muazin atau khatib terdengar ke seluruh penjuru masjid. Di masing-masing lantai terdapat dua mihrab atau tempat berdiri imam untuk memimpin salat jemaah.

Pada bagian dalam bangunan masjid, terdapat sumur dikelilingi lima tangga yang melambangkan jumlah rukun Islam. Persis di bawah tangga yang saling bertemu di tengah terdapat kolam air dari sumur gumuling.

Taman Sari
Taman Sari (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Bagian atas masjid membentuk bulatan tanpa atap. Di bagian dinding juga terdapat banyak ventilasi sehingga cahaya matahari leluasa menerangi bagian dalam masjid.

Halaman
12
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help