TribunJogja/

UKDW Tuan Rumah Rakernas Afiliasi Despro

Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari hasil konvensi capaian pembelajaran lulusan (CPL) program studi desain produk industri di Indonesia.

UKDW Tuan Rumah Rakernas Afiliasi Despro
internet
UKDW

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 12 Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) menggelar Rapat Kerja Nasional di Yogyakarta.

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) menjadi tuan rumah dalam pembentukan forum komunikasi antar Perguruan Tinggi yang memiliki Program Studi Desain Produk Industri di seluruh Indonesia kali ini.

Terdapat perwakilan dari 12 Perguruan Tinggi yang tergabung dalam afiliasi Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), selain UKDW sendiri yang memiliki Program Studi Desain Produk Industri, beberapa kampus lain yang hadir adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB), Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yk), Universitas Pembangunan Jaya (UPJ).

Kristian Oentoro, dosen Disain Produk UKDW sekaligus ketua panitia mengatakan rapat kerja nasional kali ini membahas tentang program pengembangan visi keilmuan desain produk di Indonesia.

Dalam pertemuan ini juga mengemuka wacana untuk menerbitkan buku desain produk berbasis craft, jurnal ilmiah bidang desain produk, annual book and award untuk tugas akhir terbaik mahasiswa tingkat nasional dan seminar nasional.

Kristian mengatakan, pertemuan ini merupakan kelanjutan dari hasil konvensi capaian pembelajaran lulusan (CPL) program studi desain produk industri di Indonesia dan kongres ADPII ke-2 yang diadakan bulan lalu.

"Saat ini, program studi desain produk industri Indonesia telah memiliki acuan CPL yang berlaku secara nasional untuk mengembangkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di masing- masing perguruan tinggi," ujarnya.

Melalui ADPII, Profesi desain produk industri juga telah menerbitkan standar kompetensi nasional untuk jenjang sarjana atau setara dengan level 6.

Menurutnya, meningkatkan komunikasi antar perguruan tinggi penyelenggara program studi desain produk industri di tingkat nasional merupakan aspek penting.

Tujuannya adalah agar terjalin kerjasama yang saling membangun dalam pendidikan desain produk Indonesia menjadi lebih baik ke depan.

Untuk program studi desain produk di UKDW sendiri, merupakan program studi desain produk pertama di Yogyakarta yang terus berusaha untuk berkontribusi dalam pendidikan maupun keprofesian desain produk industri di Indonesia.

"Perlu diketahui pula bahwa pada tahun 2016, desain produk telah menjadi 1 dari 16 sub sektor ekonomi kreatif di Indonesia yang menandakan bahwa desain produk merupakan bidang penting dalam peningkatan ekonomi di Indonesia," tambahnya.(*)

Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help