Gelar Pameran Tunggal, Yusman Dapat Rekor MURI Lagi

Yusman selain menggelar pameran dirinya sekaligus memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Dunia dan Indonesia (MURI).

Gelar Pameran Tunggal, Yusman Dapat Rekor MURI Lagi
tribunjogja/wahyu setiawan nugroho
Widayati (kiri) saat memberikan sertifikat rekor MURI kepada Yusman (kanan) disela pembukaan pameran tunggal Retrospektif 32 Tahun Yusman di Jogja Gallery rabu (20/12/2017) malam. 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Yusman menggelar pameran tunggalnya di Jogja Gallery dan sebagian wilayah di Alun-Alun Utara Yogyakarta mulai rabu (20/12/2017) malam.

Dalam pembukaan pameran yang dilakukan rabu (20/12/2017) malam, rupanya Yusman selain menggelar pameran dirinya sekaligus memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Dunia dan Indonesia (MURI).

"Pak Yusman bukan orang baru lagi, beliau juga sudah memperoleh beberapa rekor MURI dan ini menjadi penghargaan yang ke sekian kalinya," ujar Widayati perwakilan MURI yang hadir pada malam itu.

Yusman semalam mendapatkan penghargaan dan ini merupakan penghargaan MURI-nya yang ketiga. Penghargaan ini ia peroleh karena berhasil menggelar Pameran Tunggal Patung Berkelompok Terbesar di Indonesia.

Pameran ini rencananya akan dihelat hingga 10 Januari 2018 mendatang.

Yusman berhasil membuat pameran tunggalnya ini sekaligus retrospektif atau menilik kembali perjalanan karya Yusman selama 32 Tahun berkarya untuk bangsa dengan tema pameran 'Menandai Indonesia'.

Pameran ini terselenggara berkat kerjasama dengan Ikatan Alumni Lemhannas (IKAL), Komando Resort Militer (Korem) 072/Pamungkas dalam rangka Hari Juang Kartika 2017 serta berbagai pihak yang mendukung terselenggaranya pameran tersebut.

Yusman memang dikenal sebagai sosok yang sering membuat patung pahlawan dan beberapa tokoh nasional.

Enam mantan presiden Indonesia juga telah ia buat. Mulai dari Presiden Soekarno hingga Presiden SBY juga pernah ia buat.

Penghargaan rekor MURI sebelumnya Yusman pernah mengukir sejarah pada tahun 2010 sebagai pembuat Relief terpanjang perjuangan Panglima Besar jenderal Sudirman, dengan panjang relief lebih dari 360 meter yang dipajang di Pacitan Jawa Timur dan diresmikan oleh Presiden kala itu, Susilo Bambang Yudhoyono.

Rekor MURI kedua diterima pada tahun 2014, yakni Yusman menjadi pemrakarsa dan pembuat patung berkelompok terbesar di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta.

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved