Home »

News

» Sains

Sudah Lima Tahun Pentagon Selidiki UFO Secara Diam-diam, Kenapa Dirahasiakan?

Kementerian Pertahanan Amerika Serikat alias Pentagon mengakui sedang menjalankan misi pencarian benda terbang tak dikenal

Sudah Lima Tahun Pentagon Selidiki UFO Secara Diam-diam, Kenapa Dirahasiakan?
RT.com
Salah satu foto diklaim merupakan penampakan UFO 

TRIBUNJOGJA.com - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat alias Pentagon mengakui sedang menjalankan misi pencarian benda terbang tak dikenal atau unidentified flying object ( UFO) secara rahasia selama lima tahun.

Dilansir dari The Guardian, Minggu (17/12/2017), program indentifikasi ancaman pesawat canggih ini sebenarnya sudah ditutup pada 2012 dengan alasan penghematan anggaran.

Selama operasi misi ini dijalankan pada 2007-2013, setidaknya menyedot anggaran Kementerian Pertahanan lebih dari 20 juta AS atau Rp 271,7 miliar.

Pentagon mengklaim misi tersebut dilanjutkan untuk menangkal potensi ancaman bagi rakyat Amerika.

Seperti diberitakan New York Times, pejabat intelijen militer Luis Elizondo, yang mengelola program di lantai lima Ring C Pentagon, yang juga mengonfirmasi isu tersebut, mengakui pendanaan dari pemerintah yang telah menyusut.

Namun, misi pencarian UFO terus berlanjut di bawah arahan pejabat yang menggantikan posisinya.

Al Jazeera melaporkan, mantan astronaut AS dan mantan komandan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, Leroy Chiao, terkejut dengan uang yang digelontorkan Pentagon untuk mencari UFO, di tengah pengetatan anggaran dan tanggung jawab fiskal.

AS memiliki sejarah panjang penampakan pesawat misterius, termasuk penemuan puing-puing logam aneh pada 1947 oleh seorang peetrnak di Roswell, New Mexico.

Potongan gambar menunjukkan penemuan oleh Super Hornet Angkatan Laut F/ A-18 dan objek yang tidak diketahui. Video ini dirilis oleh Program Identifikasi Ancaman Pesawat Canggih oleh Kementerian Pertahanan Amerika Serikat, Sabtu (16/12/2017)
Potongan gambar menunjukkan penemuan oleh Super Hornet Angkatan Laut F/ A-18 dan objek yang tidak diketahui. Video ini dirilis oleh Program Identifikasi Ancaman Pesawat Canggih oleh Kementerian Pertahanan Amerika Serikat, Sabtu (16/12/2017) (The New York Times)

Laporan pemberitaan kala itu menyebutnya sebagai "piring terbang", namun militer AS mengklaim benda tersebut merupakan sebuah balon cuaca yang jatuh.

Awal tahun ini, Badan Intelijen Pusat AS (CIA) merilis jutaan dokumen yang telah dipindahkan secara online.

Catatan itu termasuk penampakan UFO dan koleksi laporan tentang piring terbang. (*)

Penulis : Veronika Yasinta | kompas

Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help