TribunJogja/

Pengunjung Disuguhkan Film Perjuangan Monumen Jogja Kembali

Pemutaran ini memang diperuntukkan untuk pengunjung yang ingin menonton dan ingin mengetahui sejarah tentang Jogja Kembali.

Pengunjung Disuguhkan Film Perjuangan Monumen Jogja Kembali
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Suasana sebelum pemutaran film di monumen jogja kembali dalam gedung serbaguna lantai satu bangunan induk monjali selasa (12/12/2017) siang. 

Laporan Reporter Tribunjogja.com Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM SLEMAN - Monumen Jogja Kembali (Monjali) menyuguhkan film pendek kepada pengunjung yang datang.

Rombongan yang datang akan disuguhkan sebuah film dokumenter tentang perjuangan tentara dan rakyat Indonesia dalam menumpas tentara belanda yang berjudul Agresi Militer Belanda dua.

Film berdurasi sekira 10 menit akan diputarkan di gedung serbaguna lantai satu, yang berada di tengah bangunan induk Monjali.

"Pemutaran film ini menceritakan tentang perjuangan Agresi Militer di Maguwoharjo dalam mengusir tentara Belanda," ujar Kabag Operasional Monjali, Nanang Dwinarto, Selasa (12/12/2017).

Saat ditemui Tribunjogja.com selasa (12/12/2017) dirinya menuturkan pemutaran ini memang diperuntukkan untuk pengunjung yang ingin menonton dan ingin mengetahui sejarah tentang Jogja Kembali.

"Rombongan banyak bahkan dua orang yang ingin menonton ya tetap kita putarkan," lanjutnya saat ditemui di ruangannya.

Dalam film tersebut diceritakan secara gamblang bagaimana proses tentara berperang dan latar belakangnya hingga prosesi pemakaman para tentara yang gugur kala itu, baik tentara belanda maupun tentara indonesia.

Monjali sendiri memang menjadi saksi bisu perjuangan tentara indonesia dalam mengusir Belanda pasca kemerdekaan Indonesia.

Saat ibukota Jakarta dipindahkan dari Jakarta menuju Yogyakarta kala itu.

Dan Presiden Indonesia dan wakilnya diasingkan ke daerah di Sumatera kala itu. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help