TribunJogja/
Home »

DIY

» Bantul

Ringankan Korban Banjir, Wong Solo Peduli Kunjungi Lokasi Bencana di Bantul

Gelaran ini sendiri, diisi dengan rangkaian dakwah, hiburan, serta makan ayam penyet bersama.

Ringankan Korban Banjir, Wong Solo Peduli Kunjungi Lokasi Bencana di Bantul
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
'Wong Solo Peduli' terketuk menghadirkan rangkaian acara menarik, di lokasi terdampak bencana pada Kamis (7/12/2017), digelar di SMP Negeri 2 Imogiri, Sriharjo, Imogiri, Bantul. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Bencana alam banjir bandang, angin besar, tanah longsor, hingga pohon tumbang, akibat badai Cempaka yang melanda sejumlah titik di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya, rupanya sampai mengetuk hati Wong Solo Group.

Dalam acara bertajuk 'Wong Solo Peduli', grup yang membawahi sejumlah brand rumah makan ternama, seperti Ayam Penyet Surabaya, Ayam Goreng Lombok Ijo, hingga Ayam Bakar Wong Solo tentunya, menghadirkan rangkaian acara menarik, di lokasi terdampak bencana.

Owner Wong Solo Group, Puspo Wardoyo, mengatakan, acara yang berlangsung pada Kamis (7/12/2017) malam tersebut, digelar di SMP Negeri 2 Imogiri, Sriharjo, Imogiri, Bantul.

Gelaran ini sendiri, diisi dengan rangkaian dakwah, hiburan, serta makan ayam penyet bersama.

"Kita ambil tema hikmah dari musibah. Sengaja kita pilih waktu saat kawasan-kawasan terdampak bencana sudah mulai pulih, karena kita ingin berdakwah sembari silaturahmi. Supaya apa yang kami sampaikan, meski sedikit, bisa terasa manfaatnya," katanya.

Puspo menuturkan, sekitar 1000 warga hadir dalam kegiatan tersebut.

Selain dirinya sendiri, sejumlah pendakwah lain turut didatangkan, seperti artis sekaligus aktivis sosial Jakarta, Neno Warisman, hingga Dosen Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA, Wahidin Darwis.

"Kita ingin memotivasi para korban bencana kemarin, kasih hiburan agar suasana hatinya cepat pulih. Kita ajak, sekaligus kasih masukan, supaya mereka berani hijrah, berani mengamalkan islam. Semua orang memang beriman, tapi iman tanpa amal saleh, ya tidak bermakna," ucapnya.

Pria 62 tahun itu juga mengisahkan, perjalanan panjang yang ditempuh dalam membesarkan Wong Solo Group, sampai memiliki 262 outlet, yang tersebar di berbagai wilayah tanah air, hingga Jeddah, Arab Saudi.

Menurutnya, tidak ada kesuksesan yang bisa diraih secara instan.

"Awalnya dari kecil, tapi perlahan terus maju. Karena kita meyakini dan memegang teguh iman, hijrah dan jihad, sebagai kunci sukses Wong Solo Group. Tiga itu saling berkaitan dan menjadi pokok utama. Kita membangun usaha berlandaskan ajaran-ajaran Islam," jelasnya.

"Di usia saya sekarang, teman-teman wirausaha seangkatan sudah meninggal semua. Alhamdulillah, saya masih diberi kesehatan, diberi kesempatan untuk berbagi," imbuh Puspo.

Sementara itu, Neno Warisman menuturkan, saat ini, untuk urusan fisik, atau kebutuhan logistik bagi para warga terdampak bencana, bisa dikatakan sudah tercukupi.

Namun, menurutnya, mereka masih membutuhkan sentuhan untuk hati dan batinnya yang tergoncang.

"Saya berusaha menemani, berempati, sekaligus mengingatkan, kalau kejadian ini adalah kehendak Allah SWT. Agar menerima, tidak terus berkeluh kesah dan bisa menemukan pegangan hidup kembali. Ini yang selalu saya berikan pada korban bencana di Padang, Aceh dan lainnya," ucap aktris kawakan itu. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help