TribunJogja/

Pertiwi Cup 2017- Jadi Runner up Grup B, DIY Siap Tantang Jawa Barat di Babak Delapan Besar

Kekalahan ini ternyata telah diprediksi sebelumnya oleh pelatih tim sepakbola putri DIY, Sonya Januari Putri.

Pertiwi Cup 2017- Jadi Runner up Grup B, DIY Siap Tantang Jawa Barat di Babak Delapan Besar
Tribun Jogja/ Hanif Suryo
Tim Sepakbola putri DIY 

TRIBUNJOGJA.COM - Tim sepakbola putri Daerah Istimewa Yogyakarta yang tampil memukau mengandaskan Sulawesi Selatan 6-0 pada laga perdana, di luar dugaan kalah dari tuan rumah Sumatera Selatan pada laga terakhir penyisihan Grup B Women Football Road To Asian Games Pertiwi Cup 2017, Kamis (7/12/2017).

Namun kekalahan ini ternyata telah diprediksi sebelumnya oleh pelatih tim sepakbola putri DIY, Sonya Januari Putri.

Menurutnya, hasil ini justru lebih baik dari perkiraannya.

Pasalnya, tanpa diperkuat enam pemain andalannya yang harus berangkat ke Bandung untuk mengikuti screening Liga Nusantara, kekuatan tim DIY jauh berkurang dibandingkan pada laga perdana.

"Sebenarnya itu sudah jauh diluar perkiraan kami. Apalagi Sumatera Selatan tampil full team, sedangkan kami setengah kekuatan. Bisa menahan imbang permainan di babak pertama sudah luar biasa menurut saya, golnya juga hanya lewat penalti," ujar Sonya.

Berkurangnya kekuatan DIY sudah diprediksi oleh Sonya, sehingga sebelumnya ia telah berpesan kepada Dwi Apriliani Fitria dkk untuk tampil tanpa beban karena pertandingan tak mempengaruhi lolos atau tidaknya DIY ke fase selanjutnya.

"Kita sudah lolos delapan besar. Tapi saya pesan kepada anak-anak, kalau mau jadi juara grup setidaknya berusaha menahan imbang saja. Tapi kenyataanya kalah 2-0, otomatis kita jadi runner up," ungkap Sonya.

Meski tidak menyaksikan langsung karena berada di Bandung, Sonya yang menyaksikan melalui live streaming menilai lini belakang timnya masih perlu dibenahi untuk menghadapi babak 8 besar.

"Yang saya lihat perlu dibenahi adalah lini belakang, tadi lini belakangnya sangat kacau sekali. Mungkin karena tiga pemain yang saya bawa ke Bandung adalah pemain belakang semua. Selain itu goal getter kita, Dewi Tia tadi juga tidak bisa bermain," ujar Sonya.

Menghadapi babak delapan besar melawan juara Grup A, yaitu Jawa Barat yang menang 1-0 atas Kalimantan Barat, Sonya mengaku hasil ini sesuai harapannya.

Menurutnya, jika bertemu Jawa Barat beban mental yang dirasakan anak asuhnya tidak sebesar apabila bertemu Kalimantan Barat.

"Di Kalimantan Barat banyak sekali pemain senior DIY yang bermain disana, mungkin buat anak-anak beban mental akan lebih tinggi," kata Sonya. (*)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help