TribunJogja/

Kenaikan Besaran Santunan Kematian Warga Miskin Disetujui, Ini Nilainya

Besaran santunan kematian bagi anggota keluarga miskin pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) yang meninggal dunia dipastikan naik.

Kenaikan Besaran Santunan Kematian Warga Miskin Disetujui, Ini Nilainya
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Besaran santunan kematian bagi anggota keluarga miskin pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) yang meninggal dunia dipastikan naik hampir 70 persen mulai 2018.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta Kadri Renggono membenarkan kenaikan besaran santunan tersebut.

Sebelumnya, usulan kenaikan menjadi pembahasan dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) Kota Yogyakarta 2018 antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Dinas Sosial.

"Sudah diputuskan dalam anggaran murni 2018 bahwa besar santunan kematian dinaikkan dari Rp1,2 juta menjadi Rp2 juta," ujar Kadri.

Ia menjelaskan, Pemkot Yogyakarta mengalokasikan santunan kematian untuk kira-kira 800 pemohon pada tahun 2018 sehingga total alokasi anggaran mencapai Rp 1,6 miliar.

Sebelumnya, tahun lalu Pemkot hanya menganggarkan untuk 700-an pemohon.

Kadri menambahkan, tahun depan pemberian santunan kematian juga dimungkinkan dibayarkan secara nontunai.

Hal ini mengacu pada kebijakan Pemkot Yogyakarta mulai September 2017 untuk melakukan pembayaran nontunai seluruh transaksi pembayaran yang nilainya lebih dari Rp 500.000.

"Tapi itu kami kaji lebih dulu proses pembayaran nontunainya karena syarat utamanya warga penerima santunan harus memiliki rekening di bank," jelas Kadri. (*)

Penulis: gil
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help