TribunJogja/

Disdukcapil Kota Yogya Buka Akses Kependudukan untuk Semua OPD

Melalui basis data kependudukan, seorang warga akan lebih efisien dalam mengurus banyak perizinan.

Disdukcapil Kota Yogya Buka Akses Kependudukan untuk Semua OPD
Tribun Jogja/Pradito Rida P
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Untuk memudahkan pelayanan publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta akan membuka akses basis data kependudukan bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta, Sisruwadi mengatakan, pihaknya telah melakukan perjanjian kerja sama dengan seluruh OPD Pemkot Yogyakarta untuk memberikan akses kependudukan.

Kerjasama ini dilakukan dengan 49 OPD yang terdiri dari 18 Dinas, 14 Kecamatan, delapan bagian, satu kantor, dan masing-masing satu untuk Sekretariat DPRD, Rumah Sakit Umum Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Inspektorat.

"Melalui kerjasama ini, OPD dapat mengakses basis data kependudukan untuk berbagai kepentingan pelayanan publik, penyusunan kebijakan, sampai rencana pembangunan," ujar Sisruwadi pada Kamis (7/12/2017).

Ia mencontohkan, manfaat ini bisa diambil ketika warga mengurus perizinan ke Dinas Perizinan dan Penanaman Modal.

Melalui basis data kependudukan, seorang warga akan lebih efisien dalam mengurus banyak perizinan.

"Misalnya mau mengakses tiga layanan perizinan, nah dengan akses yang sudah diberikan warga tak perlu mengurus semuanya, cukup satu kali dengan petugas memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dimiliki," jelasnya.

Selain itu, melalui basis data kependudukan ini, maisng-masing OPD bisa membuat sebuah aplikasi untuk membuat data sendiri.

Contohnya, Dinas Sosial dapat membuat data warga miskin atau Dinas Pendidikan dapat menyortir data kelulusan.

Namun, Sisruwadi menegaskan, layanan untuk mengakses basis data kependudukan tersebut tidak dapat dilakukan untuk mengakses seluruh elemen data kependudukan yang totalnya mencapai 31.

Halaman
12
Penulis: gil
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help