TribunJogja/
Home »

DIY

Banjir dan Longsor DIY

Mulai MDMC hingga ICJ Siap Kirim Relawan untuk 'Jogja Tangguh 2017'

Sejumlah komunitas atau organisasi tanggap bencana bakal ikut serta mensukseskan 'Jogja Tangguh 2017' yang diinisasi BPBD DIY.

Mulai MDMC hingga ICJ Siap Kirim Relawan untuk 'Jogja Tangguh 2017'
tribunjogja/tris jumali
Gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah komunitas, atau organisasi tanggap bencana bakal ikut serta mensukseskan 'Jogja Tangguh 2017'.

Kegiatan itu, diinisiasi oleh Bencana Daerah (BPBD)'>Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DIY, pada Minggu (3/12/2017).

Ketua Pelaksana 'Jogja Tangguh 2017', Danang Samsurizal mengatakan, selama ini, sistem gotong royong memang terus diterapkan dalam penanganan bencana di wilayah Yogyakarta.

Karena itu, dalam kondisi sekarang, akan sangat banyak tangan-tangan yang peduli.

"Saat ini memang dibutuhkan inisiasi untuk melakukan gerakan yang sifatnya masif. Yogyakarta punya pengalaman cepat pulih dari bencana. Dalam pemulihan kali ini, kami kembali menekankan pada kearifan lokal yang ada, yakni gotong royong," katanya.

Adapun pihak-pihak yang bakal terlibat nanti, antara lain, elemen masyarakat, SKPD Pemerintah Daerah DIY, unsur TNI/Polri, serta sejumlah relawan dari Tagana, Kwarda Pramuka, PMI, Karang Taruna, MDMC, Bagana Banser, Disaster Respon Unit, hingga ICJ.

"Kami sudah siapkan sejumlah relawan. Tidak hanya dari wilayah DIY saja, tapi datang juga dari Magelang dan Temanggung. Seluruhnya siap ikut serta dalam 'Jogja Tangguh 2017'," ujar perwakilan dari Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) DIY.

Setali tiga uang, hal senada juga disampaikan oleh Antok Sumantri, koordinator komunitas Info Cegatan Jogja (ICJ), yang memiliki partisipan begitu luas di jejaring sosial facebook.

Pihaknya memastikan, bakal turut mensukseskan 'Jogja Tangguh 2017'.

"Kami akan sebarkan informasi terkait kegaiatan ini. Sebenarnya, partisipasi publik di Yogyakarta ini sangat istimewa, tanpa diminta, bantuan sudah datang sendiri," ungkapnya.

"Selain itu, kami juga siap mengirim relawan. Memang, selama ini sudah banyak yang bergerak, tapi belum terorganisir sepenuhnya," pungkas Antok. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help