TribunJogja/
Home »

DIY

» Bantul

Banjir dan Longsor DIY

Kerugian Bencana di Bantul Ditaksir Lebih dari Rp 50 Miliar

Banyaknya jumlah kerugian ini, karena efek bencana yang begitu masif di Bantul.

Kerugian Bencana di Bantul Ditaksir Lebih dari Rp 50 Miliar
TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Akses jalan menuju RT 04, 05 dan 06 Dusun Wunut, Sriharjo, Imogiri, Bantul sampai Jumat (1/12/2016) masih tersendat karena jalan terputus sejak air Sungai Oya meluap pada Selasa (28/11/2017) lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul memperkirakan kerugian yang ditimbulkan akibat bencana banjir dan tanah longsor di Bantul mencapai lebih dari Rp 50 Miliar.

Banyaknya jumlah kerugian ini, karena efek bencana yang begitu masif.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto mengatakan, kerugian untuk pemenuhan kebutuhan dasar manusia tahap awal hanya di kisaran Rp 1,5 sampai 2 Miliar.

"Sedangkan mayoritas kerugian sampai angka Rp 50 Miliar berupa kerugian fisik seperti jalan rusak, jembatan dan pemukiman," katanya, Jumat (1/12/2017).

Kini, pihak BPBD sedang berkoordinasi dengan tenaga ahli dari Fakultas Tehnik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta untuk menghitung angka kerugian agar lebih akurat.

Baca: BPBD Bantul Minta Perangkat Desa Berperan Aktif dalam Distribusi Bantuan

Karena Dwi sendiri mengakui jika BPBD kurang punya keahlian memadai dalam penghitungan kerugian.

Harapannya, nilai kerugian hasil hitungan yang ditaksir oleh akademisi dari UGM tersebut akan menjadi patokan penyediaan dana.

Dari sini, BPBD akan mengajukan pendanaan mulai dari tingkat kabupaten, provinsi sampai tingkat pusat untuk pemulihan pasca bencana.

Dijelaskan Dwi, banyaknya kerugian yang ditimbulkan ini karena jumlah kerusakan fasilitas umum berupa infrastruktur seperti jalan rusak, jembatan yang roboh serta kerusakan rumah warga begitu banyak.

Kerusakan teraebut terjadi di beberapa desa dan ruas jalan di Bantul. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: sus
Editor: Ari Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help