TribunJogja/
Home »

Jawa

Ingin Terapkan KTR, Bupati Kulonprogo Berikan Poin Ini untuk Kota Magelang

Hasto akan mendukung Kota Magelang dalam menerapkan KTR secara penuh, bersama sekitar 100 Kabupaten dan Kota yang telah menerapkan hal yang sama.

Ingin Terapkan KTR, Bupati Kulonprogo Berikan Poin Ini untuk Kota Magelang
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Seorang warga yang merokok di sebuah ruangan di komplek Pemkot Magelang, Minggu (12/11/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan, penerapan KTR di Kabupaten Magelang dinilai sudah bagus dan tertata.

Namun terdapat beberapa poin yang perlu diperbaiki.

"Satu di antaranya perlu dituangkan lagi dalam regulasi lebih lanjut dalam Kepwal atau Perwal yang mengatur lebih lanjut," ujar Hasto, Kamis (16/11/2017).

Hasto mengatakan, beberapa yang perlu ditambahkan adalah pengaturan terkait baliho atau iklan rokok yang dijauhkan dari jalan provinsi serta kawasan tanpa rokok seperti rumah sakit, tempat ibadah maupun sekolah.

"Hal ini dapat menambah kecantikan kota, selain itu sebagai upaya mewujudkan KTR sepenuhnya," ujar Hasto.

Selain itu dikatakannya, sanksi atau denda bagi pelanggaran kawasan tanpa rokok juga perlu disematkan.

Namun, sanksi atau denda tersebut hanya sebagai penegas, sementara langkah utama adalah langkah persuasif dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mewujudkan hidup sehat tanpa rokok.

Pihaknya pun akan mendukung Kota Magelang dalam menerapkan KTR secara penuh, bersama sekitar 100 Kabupaten dan Kota yang telah menerapkan hal yang sama.

"Tidak perlu ragu, saling menguatkan antar daerah. Sehingga nantinya dapat tercipta kawasan yang bebas dari asap rokok," ujarnya. (*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help