TribunJogja/

Tangis Pedih dan Akhir Tragis Karier Gianluigi Buffon setelah Italia Gagal Lolos Piala Dunia Rusia

Italia dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia setelah hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Swedia, Selasa (14/11/2017).

Tangis Pedih dan Akhir Tragis Karier Gianluigi Buffon setelah Italia Gagal Lolos Piala Dunia Rusia
net
Gianlugi Buffon 

TRIBUNJOGJA.COM - Italia dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia setelah hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Swedia, Selasa (14/11/2017).

Kegagalan ini juga menjadi penutup karier yang pahit bagi Gianluigi Buffon yang sempat mengungkapkan akan mundur dari Timnas Italia usai Piala Dunia 2018.

Dikutip dari Gazzeta Dello Sport, Buffon mengkonfirmasi bahwa pertandingan ke 175 nya ini menjadi pertandingan terakhirnya berseragam Gli Azzuri.

Bahkan setelah wasit meniupkan peluitnya tanda berakhirnya pertandingan, Buffon tak mampu membendung air matanya seraya mengatakan ia tak menyesali kegagalannya, namun bagi sepak bola Italia.

Menurut Buffon, ia dan rekan-rekannya gagal pada sesuatu yang berarti menunjukkan kelas sosial, yaitu Piala Dunia.

"Pasti ada masa depan sepak bola Italia, karena kami memiliki kebanggaan, kemampuan, tekad dan setelah terjatuh, kami selalu menemukan cara untuk bangkit kembali," ujar penjaga gawang berusia 39 tahun ini.

"Di sepakbola anda menang sebagai sebuah kelompok, anda kalah dalam satu kelompok, anda membagi pujian dan kesalahannya. Pelatih adalah bagian dari keseluruhan grup ini," tambah Buffon.

Bermain di hadapan suporternya di Stadion San Siro, Ciro Immobile, Gabbiadini, dan Andrea Belloti terus melakukan serangan ke gawang Swedia. Dilansir dari BBC News, Italia tercatat melakukan tendangan sebanyak 27 kali, namun hanya 6 tendangan saja yang berhasil tepat ke gawang.

Statistik Italia berbanding terbalik dengan Swedia yang pada pertandingan semalam hanya sekali saja melakukan tembakan yang tepat mengarah ke gawang Gianluigi Buffon.

Bahkan meski menguasai 76 persen penguasaan bola, Italia tak mampu berbuat banyak untuk mencetak gol dan membalikkan agregat atas Swedia. Penampilan apik A. Granqvist dan Lindeloef di lini pertahanan Swedia mampu mematahkan serangan yang gencar dilakukan oleh Ciro Immobile dkk.

Kegagalan Italia menembus Piala Dunia adalah yang pertama sejak 60 tahun lalu, sekaligus menjadi kejutan pada putaran Piala Dunia kali ini menyusul langkah Belanda dan juga Chile yang tak akan tampil di Rusia 2018 nanti. (*)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help