TribunJogja/
Home »

DIY

» Sleman

Panwascam Diharapkan Melaksanakan Tugas Secara Adil, Jujur, dan Cermat

Panwascam pun wajib netral sehingga tugas yang diemban dapat dijalankan secara jujur, adil, dan cermat.

Panwascam Diharapkan Melaksanakan Tugas Secara Adil, Jujur, dan Cermat
TRIBUNJOGJA.COM / Arfiansyah Panji
Sebanyak 51 orang panitia pengawas kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas 17 Kecamatan di Sleman pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang, resmi dilantik. Berlangsung di Hotel Tara, para Panwascam tersebut membaca sumpah dan menandatangani berita acara, Selasa (14/11/2017). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum Kabupaten Sleman, Mustain Aminun saat membacakan sambutan Bupati Sleman dihadapan 51 Panwascam se-Kabupaten Sleman menjelaskan Panwascam diharapkan mampu bertugas dengan baik.

Panwascam pun wajib netral sehingga tugas yang diemban dapat dijalankan secara jujur, adil, dan cermat.

"Panitia pengawas, bukanlah sekedar memiliki tugas untuk mengawasi jalannya pemilihan saja, namun dianalogikan juga sebagai wasit. Oleh karena itu Panwas Kecamatan dituntut untuk memiliki kecermatan yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya,” jelas Bupati Sleman, Selasa (14/11/2017).

Lanjutnya kinerja Panwascam berpengaruh pada keberhasilan Pemilu yang akan datang.

Baca: 51 Panwascam Sleman Dilantik

Antisipasi terjadinya konflik di tengah masyarakat juga dapat dilaksanakan apabila semua pihak telah memahami aturan yang berlaku dalam pelaksanaan pemilihan baik pemilihan legislatif, kepala daerah, maupun presiden.

"Pada pelaksanaannya pemilihan umum, mungkin saja akan terjadi pelanggaran, oleh karena itu para Panwaslu selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait demi suksesnya proses pemilihan umum baik legislatif maupun presiden mendatang," pungkasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: app
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help