TribunJogja/

OJK Melihat Ada Potensi Tersimpan dari Desa Miskin di Kulonprogo

warga setempat terkendala oleh permodalan dan pembiayaan sehingga potensi usaha yang dijalankan tidak bisa berkembang lebih lanjut.

OJK Melihat Ada Potensi Tersimpan dari Desa Miskin di Kulonprogo
KONTAN/Baihaki
OJK 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Daerah Istimewa Yogyakarta memandang ada potensi yang bisa dikembangkan dari dua desa dengan jumlah keluarga miskin tertinggi di Kulonprogo: Kalirejo dan Sidomulyo.

Kepala Kantor OJK DIY, Untung Nugroho, mengatakan pihaknya sudah melakukan survei di Kalirejo maupun Sidomulyo dan menemukan beberapa potensi yang bisa dikembangkan.

Hanya saja, warga setempat terkendala oleh permodalan dan pembiayaan sehingga potensi usaha yang dijalankan tidak bisa berkembang lebih lanjut. 

"Ada juga CV yang mengolah gula kelapa jadi gula semut namun terkendala pengurusan ekspor," jelasnya saat pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kulonprogo di Gedung Kaca Kompleks Pemkab Kulonprogo, Selasa (14/11/2017).

Baca: Kulonprogo Berupaya Entaskan Kemiskinan. Ini yang Dilakukan

Dengan adanya TPAKD tersebut, kendala permodalan dan pembiayaan yang dihadapi warga bisa segera diselesaikan.

Tim akan bisa membahasnya bersama dan menemukan solusi.

 Ia menyebut, pembentukan TPAKD termasuk implementasi Peraturan Presiden No.82/2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif. 

Kebijakan berskala mikro diharapkan lebih efektif membantu masyarakat menengah ke bawah.

Di antaranya dengan meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal yang berkualitas, lancar, aman, serta biaya terjangkau.

Khususnya bagi sektor UMKM.

"Tentunya disesuaikan kebutuhan. Misalnya, menabung atau memperoleh pembiayaan berupa kredit,” kata Untung.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help