TribunJogja/

Kenali Faktor-faktor Penyebab Diabetes Melitus

Penyebab diabetes melitus sendiri bermacam-macam, diantaranya fungsi sel pankreas dan sekresi insulin yang berkurang.

Kenali Faktor-faktor Penyebab Diabetes Melitus
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Diabetes Melitus atau kencing manis adalah penyakit gangguan metabolisme gula darah yang disebabkan oleh kekurangan hormon insulin sehingga terjadi peningkatan kadar gula darah dengan segala akibatnya.

Adapun gejala-gejala yang sering muncul adalah mudah lapar, sering buang air, mudah haus, banyak makan, mudah lelah, kebas rasa di kaki atau kesemutan.

"Gejala yang dapat dikenali yaitu polirua atau sering kencing, polifagia yaitu mudah lapar, dan polidipsi yaitu mudah haus," tutur Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSA UGM, dr Agit Sena A, Sp PD, Selasa (14/11/2017).

Penyebab diabetes melitus sendiri bermacam-macam. Di antaranya gangguan fungsi sel pankreas yang mengakibatkan sekresi insulin menjadi berkurang maupun kerja insulin yang tidak maksimal (resistensi insulin) akibat obesitas.

Perubahan karena lanjut usia yang berkaitan  dengan resistensi insulin akibat kurangnya massa otot dan perubahan vaskular.

Ia menambahkan penyebab lainnya karena gaya hidup sehari-hari, pola makan yang berlebihan, jarang olahraga, faktor keturunan resiko lebih tinggi terkena gula.

"Penangannya diabetes kalau sudah kena yaitu minun obat secara rutin, pola makan dijaga diet sesuai diabetes melitus, olahraga, dan hindari stres." Imbuhnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help