TribunJogja/
Home »

Jawa

BNI Lakukan Pendampingan 400 BUMDes Jateng dan DIY

Dalam implementasinya sendiri menurut Himawan dengan memberikan berbagai dukungan

BNI Lakukan Pendampingan 400 BUMDes Jateng dan DIY
Dok Pri
BNI saat lakukan kunjukan ke BUMDes Ponggok. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – PT Bank Negara Indonesia (BNI) lakukan kunjungan ke BUMDes Ponggok, Klaten pada Selasa (14/11/2017) tadi.

Pemimpin Cabang BNI Klaten, Himawan Herrachmadi menuturkan, dalam rangkaian acara BUMDes Talk dengan tajuk “Diskusi interaktif dan sharing knowledge” tersebut merupakan sebuah upaya dari pihaknya untuk memberikan edukasi pada manajemen BUMDes secara profesional dan produktif.

“Selain itu, dengan kegiatan ini bisa menjadi sebuah wadah untuk sharing pengalaman mengenai succes story manajemen BUMDes, membangun network multistakeholder antara BUMDes, dunia usaha dan perbankan,” ungkap Himawan.

Lanjutnya, dengan kegiatan dan juga kunjungan yang dilakukan oleh pihaknya tersebut, merupakan sebuah wujud dari pihaknya untuk mendukung percepatan pembangunan perekonomian desa, yang diwadahi dalam organisasi yang disebut BUMDes.

Hal ini seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri Desa dan PDT Nomor 4 tahun 2015 tentang BUMDes.

Baca: BNI Berikan Kredit Kemitraan untuk Petani Tebu Rakyat

“BNI menjalin kemitraan yang strategis dan simultan dalam proses pengembangan BUMDes di seluruh Indonesia. Dengan hal ini, dalam rangka percepatan pertumbuhan perekonomian desa, BNI menjadi salah satu motor berdirinya PT Mitra BUMDes Nusantara dengan harapan agar mempermudah dalam mengakomodir perkembangan BUMDes di Seluruh Indonesia,” jelasnya lagi.

Sampai saat ini, pihaknya sudah mengawal juga melakukan pendampingan terhadap 400 BUMDes untuk wilayah Jateng dan DIY, serta secara nasional sebanyak 2.745 BUMDes di seluruh Indonesia.

Dan dalam implementasinya sendiri menurut Himawan dengan memberikan berbagai dukungan, baik berupa CSR, pelatihan-pelatihan, menjadi fasilitator di berbagai acara yang terkait dengan pengembangan BUMDes, maupun pemberian fasilitas Kredit Usaha Rakyat.

“Goal achievement dari rangkaian kegiatan ini adalah kesuksesan BUMDes Ponggok menjadi BUMDes terbaik nasional tahun 2017, yang juga kami harapkan menjadi inspirasi dan motivasi bagi BUMDes lainnya dalam membangun perekonomian desa bersama BNI,” papar Himawan.

Direktur BUMDes Ponggok, Joko Winarno menambahkan, dengan adanya kunjungan dan juga rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh BNI, pihaknya sangat menyambut baik akan hal itu.

Dan hal ini menurutnya sebagai sebuah bukti dukungan kepada BUMDes Ponggok, agar dapat meraih predikat terbaik nasional di tahun 2017. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: abm
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help