TribunJogja/

Bandara Temon Sanggup Percepat Konektivitas dan Perekonomian

Dengan kapasitas bandara yang cukup besar nantinya, NYIA disebutnya akan menjadi hub kargo bagi wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Bandara Temon Sanggup Percepat Konektivitas dan Perekonomian
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia mengunjungi lokasi pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo, Selasa (14/11/2017). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia mengunjungi lokasi pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo, Selasa (14/11/2017).

Dalam kunjungannya, anggota DPD meninjau perkembangan terakhir megaproyek tersebut setelah setahun sebelumnya mereka juga sempat melakukan kunjungan serupa.

Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba berharap proyek pembangunan NYIA bisa selesai dalam dua tahun ke depan seperti target operasional 2019 yang sudah ditentukan.

"Ini proyek strategis nasional dan kami berharap dalam dua tahun ke depan selesai. Airport sekarang ini (Adisucipto) sudah tidak layak lagi karena banyak penerbangan tertunda. Kita dorong supaya pembangunan bandara ini cepat selesai. Termasuk pembebasan lahannya diharapkan bsia cepat selesai," kata Purba.

Ia menyebut, keberadaan bandara baru Yogyakarta ini akan mempercepat konektivitas antar wilayah serta menunjang pertumbuhan ekonomi daerah setempat dan sekitarnya.

Apalagi, Yogyakarta khususnya Kulonprogo merupakan kawasan penunjang pariwisata Borobudur yang sudah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Dengan kapasitas bandara yang cukup besar nantinya, NYIA disebutnya akan menjadi hub kargo bagi wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Hal itu tentu saja membutuhkan dukungan infrastruktur jalan dan pelabuhan yang bagus.

"Masyarakat di Jawa kan sekitar 150 juta jiwa dan di Jawa Tengah ada 80 juta. Ini membutuhkan mobilitas tinggi dan kita harapkan infrastruktur jalan dan pelabuhan bisa bagus juga," kata Purba.

Setelah meninjau lokasi proyek pembangunan bandara, rombongan DPD RI bertandang ke Pemerintah Kabupaten Kulonprogo dan bertemu dengan Bupati Hasto Wardoyo.(*)

Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help