TribunJogja/

Rifka Annisa Tanggapi Kekerasan di Lingkungan Sekolah

Faktor penyebab kekerasan itu terjadi akibat relasi kuasa, terlebih anak berada pada struktur gender yang paling rendah, dan rentan.

Rifka Annisa Tanggapi Kekerasan di Lingkungan Sekolah
TRIBUNJOGJA.COM / Tris Jumali
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul mengundang siswa-siswi SMK untuk mengikuti seminar tentang pembentukan sekolah anti kekerasan di Aula Dinas Disdikpora Gunungkidul, Senin (13/11/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Tris Jumali

TRIBUNJOGJA.COM - Indiah Wahyu Andari, Manager Divisi Pendampingan Rifka Annisa mengatakan, selama ini masih belum ada sistem yang jelas di lingkungan pendidikan dalam menghadapi kekerasan yang terjadi di sekolah saat di Aula Dinas Disdikpora Gunungkidul, Senin (13/11/2017).

"Sehingga situasi kekerasan kerap kali terjadi, terlebih lagi sekolah sering gagap dalam menghadapi situasi tersebut, mengakibatkan penangannya di satu sekolah dengan sekolah lainnya sering berbeda," tambah Indiah.

Selama ini, ia mengutaran faktor penyebab kekerasan itu bisa terjadi akibat relasi kuasa, terlebih lagi anak dalam hal ini berada pada struktur gender yang paling rendah, dan rentan.

"Mereka (anak) itu masih belum matang, mereka belum memiliki kemampuan utuh untuk melindungi diri sendiri, karena kerentanan ini, mereka berpeluang besar mengalami kekerasan," jelasnya. (*)

Penulis: trs
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help