InaHealth TV Diharapkan Dapat Menangkal Hoax Informasi Kesehatan

Menyampaikan informasi kesehatan bisa memanfaatkan teknologi televisi satelit maupun televisi internet.

InaHealth TV Diharapkan Dapat Menangkal Hoax Informasi Kesehatan
tribunjogja/tantowi alwi
Ova Emilia, Dekan Fakultas Kedokteran UGM saat usai diwawancarai para awak media di Auditorium FK UGM, Senin (13/11/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Tantowi Alwi

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Maraknya hoax informasi kesehatan yang menyesatkan masyarakat menjadi keprihatinan tersendiri bagi Fakultas Kedokteran UGM.

"Berangkat dari kegelisahan inilah Fakultas Kedokteran UGM sebagai institusi pendidikan merasa bertanggung jawab untuk menegakkan kebenaran informasi seputar kesehatan masyarakat," kata Dekan FK UGM, Ova Emilia.

Ova Emilia melanjutkan televisi dinilai menjadi sarana yang efektif untuk menyampaikan informasi kesehatan masyarakat karena kemampuannya menjangkau sasaran yang lebih luas.

Menyampaikan informasi kesehatan bisa memanfaatkan teknologi televisi satelit maupun televisi internet.

"Minat masyarakat yang tinggi akan televisi satelit maupun internet menjadi kesempatan bagi dunia kesehatan untuk mengembangkan channel televisi kesehatan," tutur Ova Emilia.

Hingga pada tahun ini (2017), Fakultas Kedokteran UGM mengembangkan sebuah channel televisi yang fokus pada penyampaian informasi kesehatan di masyarakat bernama 'InaHealth TV'.

"Kami berharap InaHealth TV dapat menangkal hoax informasi kesehatan," kata Ova Emilia.

Pengembangan InaHealth TV telah dilakukan sejak April 2017 melalui serangkaian pembahasan yang melibatkan banyak narasumber di antaranya dari ilmu kedokteran dan pertelevisian, bahkan ada juga dari ilmu bisnis dan dari industri televisi sendiri.

Sejak dimulainya proses produksi pada Oktober 2017, InaHealth TV telah menghasilkan berbagai mata acara yang melibatkan narasumber yang ahli di bidangnya.

Penyiaran InaHealth TV dilakukan melalui dua cara, yaitu melalui televisi berlangganan serta TV streaming melalui channel YouTube maupun Facebook Live.

"Harapannya, dengan hadirnya InaHealth TV bisa membantu masyarakat untuk lebih melek informasi kesehatan yang terpercaya dan bisa diterima merata ke berbagai kalangan masyarakat," kata Ova Emilia. (*)

Penulis: Tantowi Alwi
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help