TribunJogja/
Home »

DIY

» Bantul

Trans Jogja Jalur Lama Mengalami Penurunan Penumpang

Keberadaan angkutan umum andalan Pemda DIY Trans Jogja terancam ditinggalkan penumpang.

Trans Jogja Jalur Lama Mengalami Penurunan Penumpang
Tribun Jogja/Hendra Krisdianto
TRANS JOGJA 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dwi Nourma Handito

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Keberadaan angkutan umum andalan Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Trans Jogja terancam ditinggalkan penumpang.

Kehadiran angkutan berbasis online tentu menjadi pesaing bagi eksistensi Trans Jogja.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Trans Jogja, Sumariyoto mengakui kehadiran transportasi online khususnya yang berbasis sepeda motor menjadi penumpang beralih.

Selain juga faktor ada faktor lain, termasuk perilaku driver yang sering dikeluhkan dan kemacetan yang membuat tidak tepat waktu.

"Ada beberapa masyarakat yang meninggalkan Trans Jogja karena sebagian ulah mereka (oknum pengemudi), dilain itu juga karena memang jalannya semakin lama semakin macet disambut dengan transportasi online yang lebih murah dan cepat. Sehingga banyak penumpang yang beralih ke sana," kata Sumariyoto menjawab pertanyaan Tribun Jogja belum lama ini.

Lantas bagaimana evaluasi terkait hal ini?

Baca: Kajian Soal Efek Transportasi Online terhadap Trans Jogja Bakal Dilakukan

Sumariyoto mengatakan bahwa ada kecenderungan penurunan penumpang di beberapa jalur, khususnya jalur-jalur lama Trans Jogja.

"Jadi kami melihat dari jalur yang lama itu kan penumpangnya cenderung mulai turun, ada yang disebabkan karena jalannya macet, terus beralih ke online, karena tarifnya juga murah untuk yang sepeda motor," katanya.

Halaman
12
Penulis: dnh
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help