TribunJogja/

Musim Hujan Tiba, Waspadai Beberapa Penyakit Ini

Air yang tergenang merupakan tempat berkembang biaknya larva jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti.

Musim Hujan Tiba, Waspadai Beberapa Penyakit Ini
net
dbd_1101 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Memasuki musim hujan, waspada terhadap beberapa penyakit-penyakit yang muncul di musim penghujan

Satu di antaranya adalah demam berdarah dengue (DBD).

Air yang tergenang merupakan tempat berkembang biaknya larva jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti.

Gejala awal DBD mirip atau bahkan sama dengan demam dengue.

Namun ketika demam pada hari ke empat, penderita DBD akan mengalami tanda-tanda pendarahan dan kebocoran plasma yang bahkan bisa masuk dalam fase kritis.

Ciri-ciri dan gejala demam berdarah dengue (DBD) yang muncul adalah demam mendadak tinggi, sakit kepala parah, nyeri di belakang mata yang memburuk dengan gerakan mata, nyeri sekujur tubuh dan nyeri sendi, mual atau muntah, ruam Kemerahan pada kulit, ruam yang berupa bintik-bintik pendarahan dibawah kulit (ptekie) yang berwarna merah kehitaman.

Sedangkan ciri-ciri perdarahan dan kebocoran plasma yang mengindikasikan adanya DBD adalah perdarahan dari hidung, mulut dan gusi atau memar kulit, nyeri parah dan terus menerus pada perut, sering muntah dengan atau tanpa darah, buang air besar warna hitam, haus berlebihan, pucat, kulit teraba dingin, gelisah, atau mengantuk dan sesak nafas.

Yang kedua, penyakit yang perlu diwaspadai apabila musim penghujan datang adalah leptospirosis.

"Leptospira itu penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bisa menyebabkan kondisi berat infeksi disertai dengan kelainan," tutur dr Ida Safitri Laksanawati SpA(K) kepada tribunjogja.com, Jumat (10/11/2017).

Gejala-gejala yang muncul akibat leptospira yaitu mual, munyah, meriang, sakit kelala, nyeri otot, sakit perut, diare, demam tinggi, iritasi di area mata, batuk dan kehilangan nafsu makan.

Selain itu ia juga mengimbau untuk berhati-hati terhadap sumber air yang kurang baik.

"Penyakit diare bisa muncul selama musim penghujan kalau sumber air yang dipakai untik beraktifitas dalam kondisi yang tidak baik," Imbuhnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help