TribunJogja/

OJK Resmikan Lembaga Keuangan Mikro di Pondok Pesantren Al Munawwir

Oleh karena itu, OJK diberi tugas mengatur dan mengawasi perkembangan LKM yang masuk kategori Lembaga Keuangan non bank.

OJK Resmikan Lembaga Keuangan Mikro di Pondok Pesantren Al Munawwir
TRIBUNJOGJA.COM / Victor Mahrizal
Kepala OJK DIY membuka kegiatan Training of Trainers 'Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan' kepada Guru tingkat SMA & MA di DI Yogyakarta. (ilustrasi) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Syariah Almuna Berkah Mandiri Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. 

LKM Syariah Almuna Berkah Mandiri Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak merupakan salah satu dari 10 LKM yang mengantongi izin beroperasi dari OJK.

Kareg III OJK Bambang Siswono mengatakan, UU LKM No 1 Tahun 2013 mengamanahkan agar LKM memiliki ruh pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Oleh karena itu, OJK diberi tugas mengatur dan mengawasi perkembangan LKM yang masuk kategori Lembaga Keuangan non bank.

“Di tengah kondisi angka kesenjangan Yogyakarta yang tinggi, terbentuknya LKM yang berada di Pondok Pesantren ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para santri dan warga masyarakat,” jelasnya, Rabu (8/11/2017).

Pengasuh Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, KH Muhammad Abdul Najib Khoiri mengungkapkan, sebagai salah satu pondok pesantren yang terpilih untuk mengelola dan mengembangkan LKM, harapannya, peran Pondok Pesantren sebagai pusat ekonomi bisa lebih ditingkatkan lagi.

Ditambahkan, dengan aliran dana pinjaman sebesar Rp 1 juta, dana dari LKM tersebut tidak akan memberatkan karena bukan sistem bunga yang diterapkan.

Sifat dari pinjaman tersebut adalah pendampingan terhadap penerima manfaat.

“Untuk pinjaman, memang ada persyaratan biaya pengembangan Rp 25 ribu, tapi hal itu hanyalah bersifat sementara. Kami masih mencari format yang tepat untuk dana pinjaman tersebut,” ujarnya.(*)

Penulis: vim
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help