TribunJogja/

Ini Lho Arti dari Bahasa dan Istilah yang Kerap Diucapkan Pilot di Dalam Pesawat

Sebagai catatan, salah satu kecelakaan fatal di dunia penerbangan pernah terjadi karena kerancuan bahasa.

Ini Lho Arti dari Bahasa dan Istilah yang Kerap Diucapkan Pilot di Dalam Pesawat
ist
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Apakah Anda tahu apa arti kata ‘deadhead’, ‘squawk’, atau merespon ucapan ‘pan-pan’?

Kata-kata di atas merupakan sedikit contoh dari bahasa khusus yang harus dipahami para pilot —tak peduli dari mana asal negara mereka.

Pada umumnya, pilot memang berbahasa Inggris. Namun bahasa penerbangan atau bahasa Inggris penerbangan—yang memiliki 300 kata— sedikit berbeda. Ia adalah kombinasi dari jargon profesional dan bahasa Inggris.

Bahasa tersebut diciptakan untuk menghindari miskomunikasi antara pilot dan pengatur lalu lintas udara —serta menghindari risiko fatal terjadinya kecelakaan karena bahasa-bahasa yang hampir mirip.

Sebagai catatan, salah satu kecelakaan fatal di dunia penerbangan pernah terjadi karena kerancuan bahasa.

Pada tahun 1977, kapten pilot asal Belanda dalam penerbangan menuju Tenerife mengatakan kepada petugas lalu lintas udara: “We are at takeoff”.

Tragisnya, kata-kata dalam bahasa Belanda dan Inggris itu membingungkan. Dan karena cuaca buruk, menara kontrol tidak dapat melihat dua pesawat berada di poisi saling berhadapan. Peristiwa tabrakan tersebut mengakibatkan 583 orang meninggal dunia.

Berdasarkan beberapa data kecelakaan penerbangan, International Civil Aviation Organization (ICAO) menyarankan bahasa Inggris harus menjadi bahasa internasional dunia penerbangan—dan pilot serta pengatur lalu lintas udara harus memiliki pengetahuan dasar bahasa tersebut.

Tapi, itu bukan seperti bahasa Inggris yang kita tahu. Berdasarkan Oxford Dictionary: “Mempelajari bahasa dalam komunikasi pesawat terbang merupakan salah satu bagian paling sulit untuk menjadi pilot dan pilot baru harus ikut ujian tulis serta praktek untuk diperbolehkan terbang.”

Untuk memahami ucapan pilot, pertama Anda harus mempelajari international phonetic alphabet.

Halaman
123
Editor: ton
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help