TribunJogja/
Home »

DIY

» Bantul

Penghargaan Menanti Desa Srigading, Ini Salah Satu Caranya

Pasca diperkenalkan sebagai Desa Ramah Perempuan, Anak dan Lingkungan, Desa Srigading Bantul akan dimonitor pemerintah pusat.

Penghargaan Menanti Desa Srigading, Ini Salah Satu Caranya
TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yembise (baju merah) saat tiba Desa, Srigading, Sanden, Bantul, Jumat (13/10/2017) sore guna launching Desa Ramah Perempuan, Anak dan Lingkungan. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pasca diperkenalkan sebagai Desa Ramah Perempuan, Anak dan Lingkungan, Desa Srigading, Sanden, Bantul akan dimonitor pemerintah pusat.

Secara berkala, akan dipantau kelayakan desa dan Pemda melindungi anak dan kaum perempuan dari tindak kekerasan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yembise menjelaskan, di tingkat desa, Srigading menjadi yang pertama dilaunching sebagai Desa Ramah Perempuan, Anak dan Lingkungan.

"Kalau tingkat kota/ kabupaten sudah banyak, sekitar 323 dari 516 kabupaten/kota," kata Yohana, Jumat (13/10/2017).

Setidaknya ada 24 indikator desa layak diberi predikat Ramah Perempuan, Anak dan Lingkungan.

Beberapa yang paling mendasar, setiap anak harus punya akta kelahiran, bisa bersekolah, punya waktu cukup mengembangkan kreatifitas dan mendapat perlindungan dari tindak kekerasan.

Guna memenuhi 24 indikator itu, menurut Yohana diperlukan sinergi antara warga masyarakat, perangkat desa dan pemerintah setempat, instansi terkait sampai akademisi.

Karena hanya dengan sinergi banyak pihak ini 24 indikator sebagai desa layak anak tersebut bisa dipenuhi.

Penghargaan demi penghargaan sudah menanti desa maupun pemerintah daerah jika mampu memenuhi indikator desa layak anak ini.

Harapannya, akan menjadi stimulan untuk daerah lain juga mencanangkan wilayahnya sebagai desa, kota atau sampai kabupaten yang benar-benar layak anak. (*)

Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help