TribunJogja/
Home »

Jawa

Penanganan Difabel Korban Bencana Masih Salah Kaprah

Selama ini banyak relawan bencana yang memberikan penanganan tidak tepat bagi penyandang cacat.

Penanganan Difabel Korban Bencana Masih Salah Kaprah
TRIBUNJOGJA.COM / Angga Purnama
Relawan difabel mendengarkan pemaparan narasumber saat launching ULD Penanggulangan Bencana di Hotel Grand Tjokro, Jumat (13/10/2017). 

TRIBUNJOGJA.COM – Peran ULD Penanggulangan Bencana dinilai penting terutama dalam memberikan edukasi terhadap penanganan difabel yang menjadi korban bencana.

Pasalnya selama ini banyak relawan bencana yang memberikan penanganan tidak tepat bagi penyandang cacat.

Ketua ULD Penanggulangan Bencana Kabupaten Klaten, Setyo Widodo mengatakan, selama ini penanganan difabel yang menjadi korban bencana disamaratakan dengan korban lainnya dengan kondisi fisik yang normal.

Akibatnya hal ini berdampak pada kondisi difabel semakin parah ketika berada di lokasi evakuasi.

“Pada akhirnya difabel menjadi kerepotan dengan kondisinya dan menjadi beban bagi orang-orang sekitarnya, termasuk relawan,” ujarnya, Jumat (13/10/2017).

Menurutnya hal ini benar-benar terjadi saat terjadi bencana erupsi Gunung Merapi 2010 silam.

Saat itu ada kelompok relawan yang bermaksud mengavakuasi seorang tuna daksa untuk dibawa ke shelter pengungsian.

Namun saat evakuasi, hanya korbannya saja yang dibawa sementara kursi roda yang digunakan justru ditinggal lantaran dinilai merepotkan.

“Padahal kursi roda sudah menjadi bagian dari tubuh korban, karena tidak ikut dibawa saat di pengungsian justru korban kerepotan karena tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dan menjadi tergantung pada orang lain. Padahal kondisi ini sangat merepotkan terutama di pengungsian, ini berlaku juga dengan ketunaan lainnya yang membutuhkan penangan yang berbeda,” kata dia.

Untuk itu, diharapkan keberadaan ULD Penanggulangan Bencana dapat menjadi solusi masalah ini.

Sehingga ke depan tidak terulang kembali dan relawan menjadi lebih paham tentang penanganan bagi penyandang cacat saat terjadi bencana.

ULD Penanggulangan Bencana Kabupaten Klaten saat ini menjadi satu-satunya layanan difabel yang berkaitan dengan penanggulangan bencana di bawah koordinasi BPBD tingkat kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Keberadaannya menyusul ULD yang dibentuk BPBD Jawa Tengah. (*)

Penulis: ang
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help