TribunJogja/

Partai Baru PSI Lengkapi Berkas Pendaftaran ke KPU Kota Yogyakarta

Berkas anggota parpol diterima KPU untuk dilakukan verifikasi tahap berikutnya.

Partai Baru PSI Lengkapi Berkas Pendaftaran ke KPU Kota Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Ikrar Gilang
Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melakukan pendaftaran anggota parpolnya ke KPU Kota Yogyakarta pada Jumat (13/10/2017) sebagai syarat mengikuti Pemilu Legislatif 2019. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Patai baru calon peserta Pemilu Legislatif 2019, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melakukan pendaftaran ke KPU Kota Yogyakarta pada Jumat (13/10/2017) pagi.

Berkas anggota parpol diterima KPU untuk dilakukan verifikasi tahap berikutnya.

Sekretaris DPW PSI DIY Yekti Utami mengatakan, PSI berhasil mengumpulkan 456 berkas KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA) Parpol.

Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah yang diunggah ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

"Secara serentak di berbagai kabupaten-kota di Indonesia kita telah selesai mengerjakan berkas dan diserhakan sesuai jumlah yang kami kumpulkan ke Sipol," ujar Yekti pada Jumat (13/10/2017).

Baca: KPU Kota Yogyakarta Terima Berkas Lengkap Partai Nasdem dan PSI

Yekti menambahkan, pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang, PSI menargetkan mendapatkan satu perwakilan atau satu kursi dalam DPRD Kota Yogyakarta.

Walau pemain baru, pihaknya mengaku optimis bisa sesuai target dan mendulang suara dari masyarakat.

Jumlah Minimum

Partai politik di Kota Yogyakarta yang akan mendaftar sebagai peserta Pemilihan Umum 2019 wajib menyerahkan sedikitnya 410 daftar anggota saat melakukan pendaftaran.

Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto menjelaskan, jumlah minimal tersebut merupakan hasil penghitungan satu per 1.000 dari total jumlah penduduk di kota Yogyakarta berdasarkan Surat Keputusan KPU nomor 165 tahun 2017.

Berdasarkan Surat Keputusan tersebut, total jumlah penduduk di Kota Yogyakarta ditetapkan sebanyak 410.262 jiwa.

"Dilakukan pembulatan ke atas sehingga jumlah minimal anggota yang harus diserahkan saat pendaftaran adalah 410 orang," ujar Wawan. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: gsk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help