TribunJogja/
Home »

Jawa

Meriahkan Dua Abad Cagar Budaya 'De Protestantse Kerk Te Magelang', Berbagai Acara Siap Digelar

Rangkaian acara akan diawali dengan Apresiasi Sketsa dan Photo, pada Minggu (15/10/2017).

Meriahkan Dua Abad Cagar Budaya 'De Protestantse Kerk Te Magelang', Berbagai Acara Siap Digelar
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Rangkaian acara menarik bakal digelar untuk menyambut hari lahir Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) ke-69, sekaligus apresiasi dua abad bangunan cagar budaya De Protestantse Kerk Te Magelang (1817-2017). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Rangkaian acara menarik bakal digelar untuk menyambut hari lahir Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) ke-69, sekaligus apresiasi dua abad bangunan cagar budaya De Protestantse Kerk Te Magelang (1817-2017).

Ketua Panitia Perayaan, dr Reno Ranuh, mengatakan bahwa rencananya kegiatan tersebut bakal berlangsung pada 15-27 Oktober 2017.

Penyelenggaranya merupakan gabungan dari sejumlah komunitas di Magelang sukarela membantu pengurus GPIB.

"Mereka ingin membantu, karena memang ini momen penting. Bangunan gereja ini diyakini sudah berusia dua abad, yang artinya termasuk gereja tertua di Kota Magelang. Usianya bahkan diyakini lebih tua dari masa perang Diponegoro (1825-1830)," ujarnya.

Reno berujar, rangkaian acara akan diawali dengan Apresiasi Sketsa dan Photo, pada Minggu (15/10/2017).

Lanjutnya, sebelum mulai sketsa dan hunting photo, akan diadakan dulu bedah sejarah bangunan cagar budaya GPIB, dengan narasumber Dr Harto Juwono MHum (ahli sejarah KAI).

"Kami sengaja membuka kesempatan bagi masyarakat, untuk ikut serta dalam kegiatan ini," jelasnya.

Nantinya, kata Reno, hasil dari sketsa dan foto tersebut, akan dikurasi oleh panitia penyelenggara.

Selanjutnya, bagi karya yang lolos kurasi, akan dipamerkan dan dapat dilelang dengan harga lelang sesuai kesepakatan dengan pembuat karya.

"Kami harap akan ada banyak pelukis sketsa dan fotografer yang ikut kegiatan ini. Sehingga hasilnya nanti bisa diketahui oleh orang banyak, GPIB pun semakin dikenal masyarakat luas," ungkapnya.

Koordinator Kegiatan, Muhammad Nafi’, menambahkan bahwa, karya lukis sketsa dan foto yang lolos verifikasi akan dipamerkan bersamaan dengan acara Bursa Lawasan, yakni pada Minggu-Jumat (22-27/10). Pameran akan dibuka dengan acara Djeladjah Arsitektur Bangunan Cagar Budaya GPIB.

"Di sini (Djeladjah Arsitektur Bangunan Cagar Budaya GPIB) kami hadirkan narasumber Ir Priyo Pratikno MT, seorang arsitek dan dosen UGM. Sekaligus, kami sajikan juga pentas hiburan untuk masyarakat,” paparnya.

Sebagai puncak peringatan, Imbuh Nafi', panitia sudah menyiapkan agenda Panggung Rekam Jejak 2 Abad BCB GPIB.

Acara yang diadakan Jumat (27/10/2017) mulai pukul 19.00 WIB tersebut, akan diramaikan oleh video mapping 3D, dengan background bangunan GPIB.

"Akan ada pentas seni budaya dengan bintang tamu Ayu Laksmi (pemusik/artis nasional dari Bali) dan Jasmine Okubo (artis dari Jepang). Bukan semata hiburan, tapi lebih pada upaya mencintai dan melestarikan bangunan cagar budaya yang ada di Kota Magelang, salah satunya GPIB," pungkasnya. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help