TribunJogja/
Home »

DIY

» Bantul

Tim Gabungan Gelar Razia Muatan Kendaraan Berat di Jalan HOS Cokroaminoto

Dengan digalakkannya kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami aturan membawa muatan barang, dan menaatinya.

Tim Gabungan Gelar Razia Muatan Kendaraan Berat di Jalan HOS Cokroaminoto
TRIBUNJOGJA.COM / Pradito Rida
Beberapa petugas dari Dinas Perhubungan DIY bersama beberapa petugas Polda DIY dan Satpol PP nampak sedang melakukan razia terhadap kendaraan bermuatan berat di Jalan HOS. Cokroaminoto, Tegalrejo, Yogyakarta. Kamis (12/10/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pradito Rida Pertana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Perhubungan (Dishub) DIY bersama petugas Kepolisian Daerah (Polda) DIY dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan razia muatan terhadap kendaraan berat roda empat di sekitaran Jalan HOS Cokroaminoto, Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Kamis, (12/10/2017) pagi ini.

Nampak beberapa petugas dari Dishub dan Polda DIY berjaga sembari mengarahkan kendaraan bermuatan berat dari utara untuk melintas di jembatan timbang yang disediakan pihak Dishub di daerah tersebut.

Kasi Pengendalian Dishub DIY, Muhammad Yasir mengatakan, razia yang digelar pihaknya beserta tim gabungan ini sudah rutin dilakukan.

Razia tersebut menyasar kendaraan roda empat yang bermuatan berat dan kelengkapannya.

Baca: Gela Razia Serentak, Polri Akan Tilang Pengendara Motor yang Gunakan Lampu Rotator dan Sirene

"Razia ini rutin dilakukan bersama Polda DIY dan Pol PP Jogja. Razia ini untuk mengecek sesuai tidaknya jumlah muatan barang yang dibawa oleh kendaraan berat, seperti truk dan mobil pikap. Selain itu, kami juga lakukan pengecekan KIR dan kelayakan kendaraan berat," katanya.

Dalam razia ini, pihaknya juga telah menyediakan jembatan timbang yang terpasang di jalan raya, jembatan timbang tersebut digunakan untuk menghitung jumlah muatan setiap kendaraan yang melintas di daerah tersebut.

"Kami juga sediakan Jembatan timbang, jadi jika jumlah muatan kendaraan saat melintas nanti tidak sesuai dengan ketentuan, maka nanti akan kami tilang," ucapnya.

Lanjutnya, razia tersebut digelar pihaknya karena adanya kendaraan bermuatan sering membawa muatan yang melebihi batas.

Hal tersebut tentu kerap membuat jalan raya yang dilewatinya menjadi rusak, disamping itu jika muatan kelebihan dapat membahayakan pengendara lain dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

"Sekarang ini beberapa truk dan pikap sering memaksakan jumlah muatan yang dibawa kendaraannya, padahal keberatan muatan itu bisa membuat jalan rusak dan membahayakan pengguna jalan. Untuk itu perlu kita lakukan razia rutin ini," jelasnya.

Ia menambahkan, dari pihaknya melibatkan sekitar 20 orang dalam razia yang digelar dari pagi hingga siang nanti ini.

Dengan digalakkannya kegiatan tersebut, ia berharap masyarakat dapat lebih memahami aturan membawa muatan barang, dan menaatinya.

"Harapannya, masyarakat yang menggunaan truk dan pikap angkutan barang tidak melanggar lagi, tertib, dan menaati peraturan yang ada. Karena sekali lagi, membawa muatan berlebihan itu sangat berbahaya bagi pengemudi dan pengguna jalan lain," pungkasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help