TribunJogja/
Home »

DIY

» Bantul

PSBK Bakal Adakan Pameran 'ALIANSI : Aku/Kamu/Kita/Mereka'

Caglar Kimyoncu, seniman Inggris yang sedang menjalani program residensi di PSBK, juga terlibat dalam proses ini.

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) bakal menyelenggarakan pameran yang berjudul "ALIANSI : aku/kamu/kita/mereka" mulai 14 Oktober hingga 17 November mendatang.

Pameran yang akan dibuka pada tanggal 14 Oktober malam ini merupakan bagian dari penciptaan karya rupa “bertumbuh” (Project Rupa Tumbuh 2017) yang mendorong seniman dari berbagai disiplin untuk berkolaborasi.

Para seniman yang terlibat adalah Ahmad Abdushomad, Andrik Musfalri, Galuh Tulus Utama, Hangga Uka, Endang Setyoningsih dan Rafika Dian Aggraini.

Mereka  terlibat dalam penyelidikan kreatif yang melibatkan masyarakat sebagai sumber penting bagi seniman.

Batas yang membedakan antara aku, kamu, kita, mereka, hanya berada dalam pikiran kita. 

Batas yang tidak nampak, tetapi mempunyai efek yang nyata.

Batas tersebut juga mempengaruhi atau menentukan cara kita bersikap dan bertindak, baik terhadap diri kita maupun yang ada sekitar kita. 

"Sering kita tidak memiliki kuasa untuk menentukannya atau membuatnya. Justru ada pihak-pihak di luar diri kita yang tanpa sepengetahuan atau seizin kita, yang melakukannya. Kita hanya tinggal mematuhi dan menjalankannya," kata Dian, Kamis (12/10/2017).

Sementara itu, Andrik menuturkan, bukan berarti diri kita tidak bisa berbuat apa-apa atas batas yang tidak nampak tersebut.

Halaman
12
Penulis: yud
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help