TribunJogja/

Jarang Gosok Gigi Ternyata Bisa Pengaruhi Otak Kita. Ini Penjelasannya

Jika tidak rajin menggosok gigi maka akan membuat timbulnya plak gigi. Plak gigi tersebut dapat menyebabkan gigi berlubang dan ngilu.

Jarang Gosok Gigi Ternyata Bisa Pengaruhi Otak Kita. Ini Penjelasannya
humptybumptykids.com
Ilustrasi menggosok gigi 

TRIBUNJOGJA.COM - Menjaga kebersihan tubuh merupakan hal penting untuk dilakukan. Dengan bersih maka akan terhindar dari berbagai penyakit.

Salah satu kebersihan yang tak boleh dilewatkan adalah kebersihan gigi.

Menurut kesehatan, menyikat gigi dilakukan minimal dua kali dalam sehari. Dilakukan setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam.

Jika tidak rajin menggosok gigi maka akan membuat timbulnya plak gigi. Plak gigi tersebut dapat menyebabkan gigi berlubang dan ngilu.

Bahkan jarang menyikat gigi juga dapat mengakibatkan bau napas yang tidak sedap. Sehingga akan dijauhi oleh teman karena napasnya bau.

Namun ternyata tak hanya itu saja bahaya dari malas menggosok gigi. Kebiasaan menggosok gigi berhubungan erat dengan resiko pikun di usia lanjut.

Hal ini seperti yang dilansir TribunStyle dari New Scientist.

Dalam penelitian tersebut mengungkapkan, orang yang tidak setiap hari gosok gigi akan cenderung beresiko mengalami pikun dibandingkan dengan orang yang rajin gosok gigi.

Hal ini disebabkan karena daya ingat mereka akan menurun drastis dan tidak berfungsi seperti dulu. Karena mulut merupakan pintu masuknya makanan keseluruh tubuh.

Ketika ada kuman atau bakteri yang mengendap dan berkembang biak akibat sisa makanan yang tertinggal dalam jangka waktu lama.

Maka bakteri jahat tersebut lambat laun memasuki aliran darah dan menyebabkan suatu kondisi yang disebut baktermia.

Baktermia adalah bakteri jahat dalam darah. Bakteri itu akan memicu peradangan d ilokasi tubuh, salah satunya otak.

Saat bakteri menyerbu otak maka dapat menyebabkan kelainan otak. Dengan begitu jangan lupa untuk selalu menggosok gigi(TribunStyle)

Editor: oda
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help