TribunJogja/

Gunung Ile Lewotolok Statusnya Naik Jadi Waspada, Adakah Kaitannya dengan Gunung Agung?

Kini status Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur meningkat dari status normal ke waspada (level II).

Gunung Ile Lewotolok Statusnya Naik Jadi Waspada, Adakah Kaitannya dengan Gunung Agung?
net
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Kini status Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur meningkat dari status normal ke waspada (level II).

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Ili Lewotolok statusnya waspada sejak (7/10/2017) pukul 20:00 WITA.

Apakah naiknya aktivitas Gunung Ile Lewotolok berhubungan dengan Gunung Agung?

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia Pengurus Daerah Bali,I Ketut Ariantana menegaskan, gunung yang berada di jalur “Cincin Api” pasti ada korelasi dengan gunung-gunung api lainnya karena struktur magmanya memiliki hubungan.

Seperti diketahui, magma akan selalu aktif mencari celah.

Jika ada batuan yang lemah, celah-celahnya akan diisi oleh magma.

Ketika magma dari perut bumi tidak bisa menembus batuan dari Gunung Agung, bisa jadi magma tersebut bergerak ke celah atau rekahan yang lain.

Makanya, bisa saja jika magma di Gunung Agung nanti mulai stabil, itu berarti ada daerah-daerah lain mulai tidak stabil karena panas dari magma akan terus mendorong dan mencari celah ke atas karena sifat gas yang terkandung dalam magma.

Seperti diketahui, gempa tektonik berkekuatan 4,9 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Lembata, Provinsi NTT, Rabu (11/10/2017) pukul 07.10 Wita.

Bahkan, sehari sebelumnya, Selasa (10/10/2017) terjadi beberapa kali gempa tektonik di Lembata. 

Halaman
123
Editor: dik
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help