TribunJogja/

Cegah Kebocoran Anggaran, Gunungkidul Terapkan Sistem Transaksi Non Tunai

Melalui transaksi non tunai, seluruh transaksi yang masuk dan keluar kas akan tercatat di dalam sistem.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri Kurniawan

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Sistem non tunai akan segera diberlakukan untuk semua transaksi keuangan daerah yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Penerapan sistem non tunai ini dilakukan demi melakukan efisiensi anggaran pemerintah daerah dan juga mengantisipasi terjadinya kebocoran pendapatan daerah.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Gunungkidul, Supartono mengatakan, pemberlakuan sistem non tunai ini mensyaratkan seluruh transaksi keuangan daerah pemerintah yang berjumlah Rp 3 juta ke atas harus menggunakan transaksi non tunai.

Ia mengatakan, melalui transaksi non tunai ini dapat menghemat anggaran daerah dari yang semula menggunakan sistem konvensional.

"Menekan pengeluaran yang tidak perlu karena pembayaran konvensional. Melalui sistem non tunai ini penghematan biaya dapat dicapai," ujar Supartono, Kamis (12/10/2017).

Lanjut Supartono, melalui transaksi non tunai, seluruh transaksi yang masuk dan keluar kas akan tercatat di dalam sistem, dengan begitu akan memudahkan dalam pemantauan keuangan daerah.

Sehingga potensi kebocoran dalam transaksi dapat diantisipasi.

"Melalui sistem ini, kami prediksi bisa menghemat sekitar Rp 5 miliar atau lebih, selain itu kami juga dapat memantau jika terjadi kebocoran," ujarnya.

Pemberlakuan transaksi non tunai ini rencananya akan dilakukan pada 2018 mendatang.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor 910/1867/SJ yang menerangkan pelaksanaan implementasi transaksi non tunai pada pemerintah daerah paling lambat dilakukan pada 1 Januari 2018.

"Kami akan sosialisasikan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD, sehingga dapat segera diberlakukan pada 2018 mendatang," ujarnya.(*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help