TribunJogja/
Home »

DIY

BRI Dukung UGM dan Kemenpora Kembangkan Pemuda Berwirausaha Sosial

Kemenpora mengembangkan sejumlah program kewirausahaan pemuda yang menjadi amanat dari Pasal 27(3) UU nomor 40 Tahun 2009.

BRI Dukung UGM dan Kemenpora Kembangkan Pemuda Berwirausaha Sosial
TRIBUNJOGJA.COM / Tris Jumali
(kiri-kanan) : Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, drg. Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.D., Direktur Youth Studies Center, Dr Muhammad Najib Azca, Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Jonni Mardizal, dan Senior Vice President Bank Rakyat Indonesia, Agus Rachmadi. 

TRIBUNJOGJA.COM - Youth Studies Centre (YOUSURE) FISIPOL UGM selenggarakan Seminar Sociopreneur Muda Indonesia (SOPREMA) di Grha Sabha Pramana sebagai salah satu rangkaian Kompetisi SOPREMA pada Kamis (12/10/2017).

Pada Konferensi Pers sebelum Seminar dimulai, Senior Vice President Bank Rakyat Indonesia (BRI) Agus Rachmadi menyatakan selalu mendukung Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) maupun UGM dalam menumbuhkan, mengembangkan dan mendampingi kewirausahaan sosial pemuda di Indonesia.

“Sebagai badan usaha yang berusia lebih dari seabad, BRI selalu mendekati pihak-pihak yang akan melakukan berbisnis, apalagi berbisnis sosial, apalagi pemuda,” tutur Agus.

Hal itu dikarenakan industri perbankan itu sendiri tidak berkembang tanpa dukungan infrastruktur yang bersifat tak kasat mata, seperti mentalitas maupun komunitas kewirausahaan.

“Kegiatan SOPREMA 2017 yang diselenggarakan FISIPOL UGM dan Kemenpora menjadi sangat strategis dalam mengintervensi pembangunan mentalitas maupun komunitas kewirausahaan itu, dan membangun ekosistem bisnis yang sehat, maka kami dukung penuh,” tambah Agus.

Pada Keynote Speech Seminar SOPREMA 2017, Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Jonni Mardizal menyampaikan bahwa Kemenpora mengembangkan sejumlah program kewirausahaan pemuda yang menjadi amanat dari Pasal 27(3) UU nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan.

Program itu mencakup pelatihan hingga bantuan akses permodalan seperti 1000 Bantuan Modal Usaha Wirausaha Pemula Muda, Pelatihan E-Commerce, Pelatihan Pemuda Tani Organik, dan Pelatihan Programming Industri Manufaktur.

“Tak hanya itu, saat ini kami juga menguatkan komunitas pemuda-pemudi dari seluruh Indonesia yang telah menunjukkan komitmen dalam kewirausahaan sosial agar kami dapat mendampingi dan memantau keberlanjutan bisnis para pemuda tersebut,” ujar Jonni.

Terkait dengan sejumlah program Kemenpora pada sektor industri manufaktur, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat drg Ika Dewi Ana, M Kes, Ph D dalam Konferensi Pers menyatakan bahwa sebagai sociopreneur university, UGM mengembangkan sejumlah program seperti Innovative Academy di mana mahasiswa dari berbagai fakultas dapat berkolaborasi mengembangkan produk dengan pendampingan dari industri seperti Google.

“Di masa depan, untuk menjadi negara yang berdaulat dan maju, Indonesia harus mengembalikan kecintaan generasi muda Indonesia pada penciptaan-penciptaan atau manufaktur,” tutur Ika.

Seusai Konferensi Pers, Seminar SOPREMA 2017 yang mengangkat topik “Aksi Pemuda Indonesia” dihadiri oleh sejumlah narasumber Senior Vice President BRI Agus Rachmadi, Presiden Komisaris Media Kumparan Budiono Darsono, dan Presiden 4.0 Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Mustofa Romdloni.

Agus Rachmadi menyampaikan hanya dengan delapan persen saja jumlah pengusaha di suatu negara, ekonomi akan bergulir dan kesejahteraan negara tersebut akan meningkat.

Kewirausahaan dapat dilakukan oleh siapa pun, bahkan oleh orang yang tidak berpendidikan tinggi sekalipun selama ia mendapatkan dukungan perbankan yang tepat.

Budiono Darsano mengingatkan jangan pernah pemuda Indonesia ngambek, putus asa, frustrasi dalam membangun bisnis sebab bisnis sukses lahir dari wirausahawan yang tangguh dan banyak akal.

Mustofa Romdloni menekankan pentingnya wirausahawan sosial untuk berjejaring dengan wirausahawan lainnya agar dapat saling belajar satu sama lain. (*)

Penulis: trs
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help