TribunJogja/
Home »

DIY

Octo Cornelius Triandriatno Gelar Pameran Tunggal ‘Unpredictable Scenes’

Pameran ini adalah gagasan soal waktu yang tidak tepat, soal merawat keyakinan di tengah keraguan, soal pencarian dan penantian di dalam keterbatasan.

Octo Cornelius Triandriatno Gelar Pameran Tunggal ‘Unpredictable Scenes’
TRIBUNJOGJA.COM / Riezky Andhika Pradana
Sebuah karya Octo Cornelius Triandriatno dalam pameran berjudul ‘Unpredictable Scenes’. 

TRIBUNJOGJA.COM - Seniman Octo Cornelius Triandriatno menggelar pameran tunggal di Jogja Contemporary, Kompleks Jogja National Museum, Jalan Prof Ki Amri Yahya nomor 1, Gampingan.

Dalam pameran berjudul ‘Unpredictable Scenes’ ini, Octo mempresentasikan sejumlah karya yang mencoba membicarakan momen-momen yang acak dan tidak tertebak.

Pameran ini adalah gagasan soal waktu yang tidak tepat, soal merawat keyakinan di tengah keraguan, soal pencarian dan penantian di dalam keterbatasan, soal keberanian yang kadang justru muncul dari ketidaktahuan.

Budi ND Dharmawan dalam pengantar pamerannya menjelaskan bahwa momen-momen acak di dalam hidup ini muncul dari renungan dan refleksi Octo, yang lantas menubuh ke dalam praktik kekaryaannya dan mewujud ke dalam karya-karyanya.

Pameran Unpredictable Scenes menawarkan jeda kepada kita dari ikatan-ikatan keseharian dan mengajak kita sejenak menikmati acaknya hidup.

Sebab hidup adalah apa yang terjadi sementara kita sibuk dengan rencana-rencana.

Karya-karya dalam pameran bermula dari frasa ‘random life’ yang mengusiknya, sehingga Octo merasa mesti mewujudkannya menjadi karya hingga menjadi pameran.

Gagasan besarnya pun kemudian mulai mengerucut dan lebih terfokus.

Acak dan tak tertebak tidak lantas meniadakan tatanan dan keteraturan.

Keadaan ini justru memperluas kemungkinan, bahwa suatu peristiwa tidak terjadi dari suatu penyebab tunggal dan bukanlah suatu kejadian yang lepas, melainkan bagian dari rangkaian reaksi berantai yang saling mempengaruhi dan dipengaruhi oleh hal dan peristiwa yang lain. (*)

Penulis: rap
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help