TribunJogja/
Home »

DIY

Soprema, Cara UGM Menumbuhkan Semangat Wirausaha di Kalangan Pemuda

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pendampingan dan pemberian akses modal bagi wirauasaha yang menjadi pemenang.

Soprema, Cara UGM Menumbuhkan Semangat Wirausaha di Kalangan Pemuda
istimewa
Kompetisi Sociopreneur Muda Indonesia (SOPREMA) 2017 pada 10-12 Oktober di Grha Sabha Pramana UGM. 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 1132 pemuda dari 29 Provinsi di Indonesia mengikuti kompetisi Sociopreneur Muda Indonesia (Soprema), ajang pemilihan wirausaha muda yang bergerak dalam bidang sosial.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Fisipol UGM ini, diikuti 90 kelompok usaha dalam dua kategori, start up dan kick off.

Ajang pemilihan wirausaha sosial ini diharapkan menumbuhkan semangat wirausaha pemuda dalam memecahkan persoalan sosial dan ekonomi di masyarakat.

Direktur Pelaksana Soprema, Dr Hempri Suyatna mengatakan, kegiatan semacam ini menumbuhkan semangat pemuda dalam ikut serta memecahkan persoalan sosial di masyarakat serta mengurangi angka jumlah pengangguran di daerah.

”Angka pengangguran terbuka lulusan perguruan tinggi saja sudah 15 persen, kita harapkan program ini semacam solusi memecahkan persoalan sosial dan ekologis,” kata Dosen Fisipol UGM ini, Selasa (10/10/2017).

Menurut Hempri, tidak sekedar ajang pencarian bakat wirausaha, kegiatan ini dilanjutkan dengan pendampingan dan pemberian akses modal bagi wirauasaha yang menjadi pemenang.

“Mereka tidak berhenti pada kompetesi akan terus berlanjut,” katanya .

Selain ikut kompetisi, peserta juga kan menggelar expo di Grha Sabha Pramana dengan mengenalkan produk dan jenis usaha yang mereka sudah lakukan.

“Ada 123 booth yang ikut di expo,” tambahnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fisipol, Dr Wawan Mas'udi mengatakan, Soprema sebagai kegiatan pemilihan wirausaha sosial merupakan satu-satunya kegiatan pengembangan kewirausahaan pemuda yang dikelola oleh universitas.

Halaman
12
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help