TribunJogja/

Gubernur DIY Dilantik Esok Hari, Ini Harapan Ketua Komisi A DPRD DIY

Dukungan kepada pelantikan tepat waktu di akhir masa periode 2012-2017 ini mengalir dari banyak pihak.

Gubernur DIY Dilantik Esok Hari, Ini Harapan Ketua Komisi A DPRD DIY
TRIBUNJOGJA.COM / Dwi Nourma Handito
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2017-2022 akan dilakukan pada Selasa (10/10/2017) besok di Istana Negara pukul 16.00.

Dukungan kepada pelantikan tepat waktu di akhir masa periode 2012-2017 ini mengalir dari banyak pihak.

Terlebih sebelumnya kabar pelantikan akan dilakukan pada 16 Oktober 2017.

Dengan dilantiknya Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Paku Alam X tepat waktu ini diharapkan kedua pemimpin DIY ini bisa segera bekerja dan menjalankan pembangunan di DIY.

Masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh kedua pemimpin tersebut. Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan masalah kemiskinan dan kesenjangan menjadi PR bagi DIY.

Disebutkannya, kemiskinan di DIY masih cukup tinggi yakni 13.02 persen. Sementara untuk kesenjangan, gini ratio saat ini adalah 0.43.

Hal ini menurut Eko memerlukan solusi kebijakan pemerintah daerah dalam waktu cepat dan dengan kebijakan yang tepat. Kedua pemimpin harus bekerja keras menyelesaikan masalah yang ada.

"Kedepan program kita harapkan pembangunan difokuskan pada penciptaan lapangan kerja, kemudahan akses modal bagi UMKM dan program peningkatan pendapatan masyarakat serta pemerataan hasil pembangunan yang dirasakan seluruh masyarakat DIY," kata Eko.

Pelantikan yang akan dilakukan besok dianggapnya sebagai momentum yang pas untuk menyelesaikan PR DIY yang disebut di atas.

Selain juga, kedua pemimpin tersebut juga diharapkan melakukan penyelarasan perencanaan pembangunan antar kabupaten kota dengan Pemda DIY.

Hal ini agar mewujudkan harapan rakyat sesuai dengan tujuan Keistimewaan DIY, yakni mewujudkan kesejahteraan dan ketentraman masyarakat DIY.

Hal ini menurutnya juga perlu dengan dukungan masyarakat yang kuat. Diharapkan dalam dua tahun kedepan angka Gini Ratio DIY bisa turun dan dibawah rata-rata nasional. (*)

Penulis: dnh
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help