TribunJogja/
Home »

Jawa

BPKAD Kota Magelang Akan Luncurkan Tiga Aplikasi Berbasis TI

Dibandingkan dengan cara manual, penggunaan aplikasi diyakini lebih efektif dan transparan.

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang bakal meluncurkan tiga aplikasi khusus berbasis teknologi informasi (TI), yakni e-planning, e-reporting dan e-budgeting.

Kepala BPKAD Kota Magelang, Larsita, mengungkapkan bahwa mulai tahun depan, seluruh transaksi yang berhubungan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan dilakulan lewat transaksi nontunai.

"Kami manfaatkan (TI) untuk menghilangkan praktek-praktek di luar ketentuan. Jadi, kalau pakai nontunai, semuanya bisa tertera. Kalau ada yang tidak beres bisa langsung kami ketahui," paparnya, Senin (9/10/2017).

Larsita melanjutkan, pihaknya sengaja memanfaatkan TI, sekaligus untuk mengoptimalisasi pelayanan publik.

Sebab, dibandingkan dengan cara manual, penggunaan aplikasi diyakini lebih efektif dan transparan.

Bahkan, imbuhnya, dampak positifnya akan langsung dirasakan oleh warga, lantaran semakin dipermudah dalam mengakses, APBD, neraca anggaran daerah, mekanisme pembayaran, hingga sasaran penerima bantuan sosial (bansos) dari pemerintah.

"Kami selalu konsisten menerapkan sistem keuangan yang akuntabel dan transparan. Belum lama ini, dua penghargaan dari lembaga kompeten, kami peroleh sakeligus, dari UGM (Univeritas Gadjah Mada)," pungkasnya. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help