TribunJogja/

Kisah di Balik Lagu 'Kelam Malam' Soundtrack Film 'Pengabdi Setan'

Yang sudah pernah menonton filmnya atau baru menyaksikan trailer-nya, pasti sudah familiar dengan lagu

Kisah di Balik Lagu 'Kelam Malam' Soundtrack Film 'Pengabdi Setan'
ist
Pengabdi Setan 

TRIBUNJOGJA.COM - "Di kesunyian malam ini. Ku datang menghampiri...".

Itulah sepenggal lirik " Kelam Malam", salah satu lagu tema atau soundtrack film Pengabdi Setan arahan sutradara Joko Anwar.

Yang sudah pernah menonton filmnya atau baru menyaksikan trailer-nya, pasti sudah familiar dengan lagu bernuansa 1960-an itu.

Seperti bunyi lonceng milik tokoh ibu dalam film tersebut, "Kelam Malam" juga mampu membuat penonton seperti dihantui. Lagu itu tanpa disadari menempel di kepala. Terasa ada kesan kelabu yang menyeramkan tiap kali mendengar lagu itu.

Dalam trailer, "Kelam Malam" diperdengarkan bersama bunyi lonceng ibu saat karakter bernama Tony mendengar radio. Juga dipakai sebagai penutup trailer berdurasi satu menit 44 detik itu.

Salah Kaprah

Namun banyak yang salah kaprah tentang lagu "Kelam Malam". Sang sutradara Joko Anwar mengungkap bahwa lagu itu bukanlah daur ulang dari salah satu hits era 1960-an berjudul " Di Keheningan Malam" yang dipopulerkan penyanyi lawas, Anna Mathovani.

"Bukan, beda. Itu ciptaan Tony Merle gitarisnya The Brandals, penulis liriknya aku. Terus penyanyinya Aimee Saras. Kalau didengerin nada kelima udah beda," kata Joko Anwar kepada Kompas.com via telepon, Kamis (5/10/2017).

Mulanya memang ia sempat terpikir untuk menggunakan "Di Keheningan Malam" sebagai soundtrack Pengabdi Setan karena membutuhkan lagu lawas untuk keperluan cerita film yang berlatar 1980-an itu.

Dikisahkan "Kelam Malam" adalah lagu yang dinyanyikan tokoh ibu semasa mudanya.

Halaman
1234
Editor: ton
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help