TribunJogja/

Heroe Poerwadi Pimpin Upacara Peringatan Serbuan Kotabaru

Dengan peringatan ini, diharapkan generasi muda dapat membangkitkan semangat cinta tanah air dalam berkehidupan sehari-hari.

Heroe Poerwadi Pimpin Upacara Peringatan Serbuan Kotabaru
TRIBUNJOGJA.COM / Pradito Rida Pertana
Suasana upacara Peringatan Serbuan Kota Baru 7 Oktober 1945 di Lapangan Asrama Korem 072 Pamungkas Kota Baru. Nampak pula Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyalakan obor di prasasti serbuan Kota Baru, Sabtu (7/10/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pradito Rida Pertana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Puluhan orang berkumpul di Lapangan Asrama Korem 072 Pamungkas yang berlokasi di Jalan Atmosukarto nomor 9 Yogyakarta.

Nampak beberapa anggota TNI berseragam lengkap dan beberapa pelajar tengah memadati lapangan tersebut.

Berkumpulnya puluhan orang tersebut ternyata untuk mengikuti Upacara Peringatan Serbuan Kotabaru 7 Oktober 1945 ke-72, Sabtu (7/10/2017) pagi ini.

Adapun, tema upacara kali ini ialah, 'Kita Lestarikan Semangat Kejuangan 45, Demi Keutuhan NKRI Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945'.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi bertindak sebagai inspektur upacara dalam upacara tersebut.

Dalam amanat Wali Kota yang dibacakannya, upacara ini merupakan wujud dari memperingati peristiwa besar yang disebut dengan serbuan Kotabaru.

Dimana saat itu, warga Yogyakarta melawan tentara Jepang yang masih bertahan di Yogyakarta usai Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya.

"Serbuan Kotabaru merupakan wujud persatuan dan kesatuan seluruh elemen dan komponen pemuda, kelaskaran, dan masyarakat Yogya dalam mendukung dan mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan RI," katanya.

Lanjutnya, dengan peringatan ini, diharapkan masyarakat terutama generasi muda dapat merefleksikan makna perjuangan tersebut, dan membangkitkan semangat cinta tanah air dalam berkehidupan sehari-hari.

Halaman
12
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help